UMI Makassar – Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Prof.Dr.H.Mansyur Ramly menyatakan ada sekitar 30 Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Indonesia yang didampingi DIKTI yang berpeluang memperoleh Akreditasi Institusi A, termasuk didalamnya UMI Makassar. Bahkan UMI satu-satunya PTS di luar Pulau Jawa. Hal ini disampaikan Prof.Mansyur Ramly pada saat memberikan materi di hadapan Mahasiswa Baru UMI yang sedang ikut Pekan Pesantren di Padanglampe Pangkep (22/8). Hadir Ketua Panitia Prof.Dr.H.Ahmad Gani, SE, M.Si, Dekan FTI Ir.H.Zakir Sabara, ST, MT, dan sejumlah panitia lainnya.

Lebih lanjut dikatakan UMI menggembleng mahasiswanya, bukan hanya untuk mencerdaskan otaknya (IQ) tetapi juga qalbunya (SQ), ini sesuai dengan Hadis Nabi yang artinya: “dalam tubuh manusia ada mudgah/qalbu jika ini baik, maka baiklah seluruh diri manusia, jika ini buruk, maka buruklah diri manusia itu”, jelasnya. Mudgah ini sering juga disebut God Spot.

Ketua Pembina YW UMI ini menyatakan perlunya mahasiswa memiliki kecerdasan yang dinamakan Adversity Quotion, yakni orang yang bukan hanya cerdas otaknya, tetapi memilki qalbu yang cerah serta fungsional skill, ini ditandai dengan kemampuan mengaktualisasikan diri dengan berintegritas fathanah (IQ yang baik), Shiddiq (SQ), Amanah (pekerja keras dan tidak ogah-ogahan dalam bekerja. Selain itu, ada tiga tipe orang cerdas, yakni: Quiter, yakni orang yang suka menyerah, belum berbuat sesuatu sudah langsung menyerah karena melihat tantangan yang sulit. Kedua, tipe Jumpers, yakni orang yang naik puncak gunung, baru dipertengahan sudah tidak mampu lagi naik ke puncak. Namun yang ketiga disebut Climbers, yakni orang yang melihat tantangan jika semakin terjal semakin ia bersemangat untuk mencapai puncak, inilah manusia Unggul.

“Menurutnya ada 8 modal utama menjadi manusia Unggul, yaitu memiliki iman dan taqwa, kreatif dan inovatif, jujur, trust/terpercaya, bersungguh-sungguh/tekun, memiliki networking/jamaah, sabar dan tabah, serta ikhlas/tanpa pamrih,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!