Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan DPR tengah mengodok pembentukan Badan Sertifikasi Keahlian. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR RI Marzuki Alie, saat membawakan kuliah umum di Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Dalam kuliah umum yang dipandu langsung Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mukhtar, MA disambut antusias oleh mahasiswa, dan civitas akademika UMI. Masrurah menyebutkan, melalui kuliah umum ini, diharapkan bisa memotivasi mahasiswa untuk lebih meningkatkan kompetensinya dibidangnya masing- masing.

“Saat ini Kemedikbud tengah menyiapkan Badan Sertifikasi keahlian, dan kami harapkan 2014 ini bisa rampung tetapi tidak tahu bisa tercapai tahun ini atau tidak,” jelas Marzuki (4/3).

Hal ini lahir, setelah sebelumnya di salah satu SMK Penerbangan, dia melihat banyak produksi anak negeri, yang harusnya menjadi kebanggaan dan diakui dengan memberikan dukungan, yang salah satunya adalah dengan memberikan sertifikat keahlian. Sehingga, pihaknya sempat memanggil Kementrian Ristek, Kemenhub dan Kemendikbud, dan hasilnya Kemendikbud adalah penanggungjawab dari penggodokan badan tersebut.

Dikatakan pula, sertifikat keahlian ini memang sangat perlu, mengingat di era globalisasi ini, semakin tinggi tingkat persaingan. Legislator Partai Demokrat ini menyebutkan bahwa, negara- negara Asia harus punya itu, sehingga kalau punya sertifikat, pemilik sertifikat yang akan melamar kerja, bisa langsung memperlihatkan sertifikat tersebut, untuk dan bisa langsung diterima tanpa harus melewati tes yang panjang.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!