Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kembali melahirkan Doktor Ilmu Manajemen atas nama Yasir Haskas, S.Pt., SE., M.Mkes yang berhasil memertahankan disertasinya dengan judul “Pengaruh Kompetensi terhadap Motivasi, Prestasi, Penghargaan dan Kepuasan Kerja Dosen Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan” bertempat di Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar,  Kamis (29/08).

Ujian Sidang Promosi dipimpin langsung Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar MA, dengan Promotor Prof. Dr. H. Abdul Rahman Mus, Ko-Promotor Prof. Dr. H. Bahar Sinring, SE.,M.Si,  Dr. Mursalim, SE.,M.Si.,Akt, sedangkan Dewan Penguji/Penilai Prof. Dr. H. Mursalim Umar Gani, SE.,M.Si, Prof. Dr. H. Baharuddin Semmaila, SE.,M.Si, Dr. Serlin Serang, SE.,M.Si, Dr. Aryati Arfah, SE.,M.Si dan Prof. Dr. H. Muhammad Ali, SE.,M.Si (sebagai penguji Eksternal dan Guru Besar dari Universitas Hasanuddin Makassar),serta penguji lintas disiplin ilmu Dr. H. Muh. Arief Halim, MA

Yasir yang juga sebagai Ketua Stikes Nani Hasanuddin Makassar ini memaparkan dari hasil penelitiannya di depan dewan penguji bahwa keberhasilan seorang dosen melaksanakan Tridharma perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimilikinya, sesuai dengan Permendiknas No. 17 Tahun 2008 tentang sertifikasi dosen menjelaskan bahwa ada empat kompetensi dosen yaitu; 1) kompetensi pedagogik, 2) kompetensi professional, 3) kompetensi sosial, 4) kompetensi kepribadian.

Ditambahkan pula bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja dan motivasi kerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Sulawesi Selatan, dengan adanya pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan sikap yang dimiliki dosen dapat meningkatkan prestasi kerjanya dan akan memberikan motivasi pada dosen dalam melaksanakan pekerjaannya.

“Agar prestasi kerja dosen meningkat, disarankan sebaiknya pemimpin institusi tetap memberikan penghargaan atau apresiasi kepada dosen yang berprestasi melalui pemberian gaji dan upah yang sesuai dengan beban kerja, pemberian jaminan sosial, penghargaan antar pribadi dan kesempatan untuk promosi jabatan,” ujarnya.

Acara dihadiri Kepala Dinas KB dan PP Kabupaten Donggala, Direktur Politekes Makassar Dr. H. Ashari Rasjid, S.E., M.Kes, Ketua Yayasan Pendidikan Nani Hasanuddin, Sekretaris Yayasan, para KPS, Karyawan Bank BTN, Beberapa Pimpinan RS. di Makassar, Dosen dan staf Stikes Nani Hasanuddin, para Ketua  Lembaga Mahasiswa Nani Hasanuddin, keluarga dan handai tolan.

Yasir Haskas dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Manajemen UMI yang ke-64.

(Humas UMI)