UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) melalui Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI menyelenggarakan Pelatihan Dai/Da’iah bagi Ketua Jurusan/Ketua Program Studi dalam lingkup UMI (20/12). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A sekaligus membuka acara secara resmi. Hadir pula Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah fasilitator dan 35 peserta.

Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto menyatakan mengapa dosen dan karyawan UMI dilatih berdakwah karena untuk mengemban misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Diibaratkan manusia, UMI memiliki nafas pendidikan dan nafas dakwah, sehingga dosen selain memberi kuliah dan mendidik mahasiswa juga diharapkan dapat mengemban misi dakwah dalam menjalankan aktifitas akademiknya. Minimal mulai berdakwah dari diri sendiri, kemudian berdakwah lewat keluarga besar UMI sebagaimana ayat al-Qur’an, Kuu ampusakum waahliykum naara( jagalah diri dan keluargamu dari api neraka).

“Dosen diharapkan kerjasama dengan dosen Mata Kuliah Agama untuk mensukseskan program hafal al-Qur’an juz 30 bagi mahasiswa UMI,” harapnya.

Dosen agama dan dosen UMI diharapkan bersinerji dalam melaksanakan dakwah di kampus UMI, misalnya dengan menegur mahasiswa yang panjang rambutnya, dsb. Nabi Muhammad Saw bersabda: ballig annoy walau aayat (sampaikan dariku walaupun hanya 1 ayat). Ayat itu ada dua, yakni kitabullah dan ayat kauwniyah (alam semesta). Seluruh jagad raya adalah keteraturan, dan itulah dakwah. Untuk itu diminta dosen UMI untuk membantu menegakkan keteraturan dalam lingkup UMI.

“Ini merupakan tuntutan moral bagi dosen UMI sebagai akselerasi dalam pelaksanaan pendidikan dan dakwah,” kuncinya.

Sementara itu, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan peserta adalah utusan dari fakultas dalam lingkup UMI. Mereka adalah dosen UMI yang memiliki amanah sebagai Ketua Jurusan/Ketua Program Studi. Dikatakan pula pelatihan da’i/daiah telah dilakukan untuk pimpinan UMI, karyawan UMI dan kalangan mahasiswa UMI beberapa waktu lalu.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!