UMI Makassar – Giliran Tokoh Masyarakat Se Kecamatan Biringkanaya memperoleh Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah di Kampus 2 UMI (17/5). Hadir Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A sejumlah fasilitator dan 30 peserta.

KH.M.Zein Irwanto menyatakan ini adalah siraathal mustaqiym (jalan lurus) bagi para tokoh masyarakat yang ikut pelatihan ini. Allah merancang hidup anda untuk dapat mengemban amanah sebagai petugas penyelenggaraan jenazah. Ini memang menjadi komitmen UMI dalam hubungannya dengan sesama manusia (hablun minannaas), disamping hablun minallah (hubungan kepada Allah SWT). Dikatakan demikian karena kehadiran di tempat ini sebagai bagian dari ibadah. Termasuk mengurus jenazah adalah rahmat Allah SWT. Selain itu kehadiran tokoh masyarakat di UMI sebagai sambungan ilmu pengetahuan. Sebagian dari peserta mungkin sudah pernah menyelenggarakan jenazah. Pengalaman tersebut perlu di share/dibagikan kepada yang lain, selain materi dan praktek yang disajikan pemateri dari UMI.

Dijelaskan pula bahwa jenazah telah berpisah dengan roh. Sedangkan roh menyembah Allah dan sadar bahwa dirinya adalah hamba Allah Swt. Inilah pangkat tertinggi sebagai hamba Allah. Jika anda hamba makhluk maka anda terhina.

Ketua LPDKI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan kegiatan seperti ini bergilir dan sudah menyasar 9 Kecamatan di Kota Makassar. Dengan demikian para alumni penyelenggara jenazah sudah tersebar di Kota Makassar. Sebagian besar alumni tersebut telah bertugas di tengah masyarakat dan telah mendapat kepercayaan dari umat Islam di sekitarnya untuk menyelenggarakan jenazah. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi umat, terutama sebagai bagian dari pengabdian sivitas akademika UMI kepada umat.

Salah seorang peserta Drs. Darwis menyatakan senang ikut pelatihan ini, karena disajikan dengan menarik. Materi bukan hanya berupa teori tapi langsung praktek dan simulasi. Bahkan disertai dengan game, sehingga peserta tidak bosan. Untuk itu, ia sangat berterim kasih kepada UMI atas kegiatan seperti ini karena sangat bermanfaat. Semoga UMI selalu melibatkan masyarakat dalam berbagai aktifitas dakwahnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!