Kunjungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi Fakultas Kedokteran UMI 2019 oleh Rektor dan Pimpinan FK UMI di Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar (28 November 2019)

Posted by Umi Makassar on Monday, December 2, 2019

Mahasiswa KKN Profesi UMI yang berjumlah 151 orang, terdiri atas mahasiswa Fakultas Kedokteran yang tersebar di 12 Puskesmas se Kota Makassar mendapat apresiasi dan pengakuan terbaik dalam melaksanakan tugas di lapangan dari kepala Puskesmas se Kota Makassar, hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Cendrawasih, drg. St. Maisarah MARS, saat memberikan sambutan di depan Pimpinan UMI yang melakukan kunjungan mahasiswa KKN Profesi yang dipusatkan di Puskesmas Cendrawasih (29/11).

“ Mahasiswa KKN Profesi UMI luar biasa, kami bangga dan berterima kasih, atas kehadiran mereka membantu berbagai program puskesmas, mereka hadir memberikan pengetahuan, pembinaan kesehatan kepada masyarakat, tidak hanya menyumbangkan tenaga dan pemikiran juga dalam bentuk materi dengan berbagai program inovatif, kreatif, menyentuh langsung ke masyarakat”, ujar Maisarah.

Mahasiswa KKN Profesi UMI melaksanakan kegiatan dengan baik, memberikan pelayanan kesehatan langsung menyentuh kepada masyarakat, menyapa semua umur, karena itu, kami meminta kepada Pimpinan UMI, agar penempatan mahasiswa UMI dalam melaksanakan KKN Profesi di Puskesmas berkelanjutan, dan kami doakan adek-adek mahasiswa insya Allah menjadi Dokter yang handal dan professional, ujarnya disambut aamin oleh hadirin.

Sementara itu, Rektor UMI yang diwakil WR I Bidang Akademik UMI, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT menyampaikan bahwa KKN profesi bertujuan anak-anakku dapat mengaplikasi teori dan keterempilan praktis yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan yang diimplementasikan dalam praktek di tengah masyarakat. Kegiatan ini juga dapat menguji kemampuan anak-anakku dalam berkreasi dari ilmu yang dimiliki dengan berinteraksi dengan masyarakat untuk menyiapkan diri nantinya ketika selesia kuliah sudah siap dengan pengalaman kerja dalam meningkatkan kemampuan dan pola pikir yang lebih maju dalam menghadapi permasalahan dengan alterntif pendekatan ilmu yang dimiliki.

Hanafi menambahkan bahwa KKN adalah sarana sosialisasi diri kepada public, uji kompetensi diri kita yang sebenarnya di masyarakat .apakah kita telah dikategorikan lulus di tengah masyarakat.

Sementara itu, WD I Fakultas Kedokteran UMI, Dr.dr. H.Nasruddin, Mars, SPoG (K), mengatakan laporan pelaksanaan kegiatan mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI yang melaksanakan KKN Profesi di 12 kecamatan, menunjukkan adanya proses penguatan kompetensi edukasi, Mahasiswa FK UMI tidak duduk manis, namun melaksanakan komunikatif based. Ada dua misi yang telah dilaksanakn, dan yang terpenting harus dipahamai bahwa , peran dokter disetting bukan duduk manis, namun peran sesungguhnya membuat orang jangan sakit, memberikan layanan primer, dengan home care, home visit community based.

Sementara itu, Ketua LPkM UMI, Prof.Dr . H. Ahmad Gani, SE.,MSi. menyampakan tujuan KKN Profesi mahasiswa diharapkan mendapatkan gambara kerja yang sesungguhnya dan pengalaman yang selama ini diperoleh di kampus. Jadi, KKN Profesi perkuliahan yang dikemas dalam pengabdian.

(HUMAS)