Dalam rangka pengumuman seleksi penerimaan Mahasiswa Baru UMI tahun 2011, dilaksanakan Jumpa Pers di Ruang Rapat Senat Kampus 2 UMI (2/8).Hadir beberapa wartawan media cetak dan elektronik. Rektor UMI, Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA dalam kesempatan tersebut menyatakan sistem penerimaan Maba khusus Fakultas Kedokteran, ada isu banyak oknum2 yang memanfaatkan kesempatan dengan menghubungi calon Maba untuk membayar sekian. Padahal biar ada yg mau bayar 1 Milyar, kalau memang tidak lulus tidak akan diterima. Selain itu, contoh tahun lalu anaknya Wakil Rektor 3 UMI dan anaknya Dekan FE tidak lulus Fak.Kedokteran, karena memang tidak bisa lulus.

Dengan begitu jika ada pimpinan atau dosen UMI yang menerima pembayaran dari Maba selain biaya resmi, maka akan dipecat. Oleh karena itu, tidak benar anggapan jika ada yg berkata nanti bisa masuk di UMI kalau diurus. Jumlah Maba UMI 4.300 yg diterima 100 orang bebas SPP dari Desa Binaan dan separohya akan diasramakan dan akan menghafal Alquran minimal 1 juz. Jumlah Maba ikut tes 5.138. Sekitar 80 % Kedokteran tidak lulus, namun sebagian besar mereka lulus pada pilihan keduanya yakni FKM.

Wakil Rektor 1 UMI Prof. Dr. H.Syahnur Said, SE,M.SI khusus Fak Kedokteran hanya 150 orang yang dinyatakan lulus dan 20 cadangan. Mereka yang lulus ini murni hasil tes tulis dan tes potensi akademik. Terbanyak FKM 815, Ekonomi 800, Hukum 705, Farmasi 500, dan Teknik 400. Pendaftaran Ulang 5 sd 17 Sept, namun Fak Kedok 5 sd 14 Sept dan akan Wawancara tgl 5 dan 6 Sept di Fak Kedokteran.Syaratnya membawa Kartu Ujian dan fotokopinya, pas foto 3×4 tiga lembar dan 2×3 tiga lembar. Pesantren Kilat Maba UMI 19 sd 24 Sept. Bagi calon Maba yg sudah ambil formulir dan belum ikut tes masih dibuka kesempatan bagi fakultas tertentu, ekonomi, agama, teknik, sastra, perikanan, pertanian, Teknologi Industri di Kantor BAA lantai 3, batasnya sampai tanggal 10 September 2011.Peminat Fakultas Kedokteran yang ikut tes sebanyak 677 orang dan kuotanya dari Konsil Kedokteran hanya 150 orang.

Rektor UMI menyatakan khusus untuk pesantren kilat dilaksanakan di Sudiang melibatkan pengurus lembaga mahasiswa dengan pengamanan terbuka dan tertutup. Untuk kegiatan di Fakultas akan ada studium general yg dipimpin langsung oleh pimpinan fakultas. Citra UMI tahun ini lebih bagus karena kepercayaan pemerintah UMI melaksanakan MTQ Nasional Mahasiswa dan Dirjen Dikti menyamakan UMI dengan PTS. WR 1 menambahkan bahwa thn ini maba diterima berkurang dengan upaya peningkatan kualitas, misalnya ada passing grade di setiap fakultas. Khusus pengumuman Maba Fakultas Kedokteran bisa dilihat di media cetak dan web Fak Kedokteran UMI. Dalam melakukan pembayaran agar tidak menggunakan perantara.a.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!