Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) merupakan pilihan tepat untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikan tinggi baik program strata diploma, sarjana, magister, maupun doktor. Selain kampus tertua, UMI adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di luar Pulau Jawa dengan akreditasi institusi ranking ‘A’.

Bagi calon mahasiswa baru, mempertimbangkan apa yang didapatkan di kemudian hari saat menjadi mahasiswa adalah suatu keharusan. Mengapa tidak, proses selama kuliah akan menjadi salah satu faktor penentu di masa depan.

Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah perihal peringkat perguruan tinggi dalam berbagai program pemeringkatan bergengsi seperti Klasterisasi perguruan tinggi oleh Kemendikbud dan SINTA oleh Kemenristekdikti.

Lalu seperti apa UMI dalam pemeringkatan bergengsi tersebut?

Kampus berjargon Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah, dan Akhlaqul Karimah, serta Daya Saing Tinggi ini selalu tampil unggul dalam berbagai program perengkingan perguruan tinggi baik local maupun nasional, bahkan internasional.

Sejumlah perengkingan itu diantarannya Klasterisasi Perguruan Tinggi oleh Kemdikbud RI yang menempatkan UMI di posisi 64 dari 2136 perguruan tinggi se-Indonesia. Peringkat UMI itu terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Dalam sistem yang membagi klasterisasi perguruan tinggi ini, kampus Swasta dan Negeri dilihat secara sama dari berbagai variabel. Artinya, di posisi 64 tersebut, UMI sukses mengalahkan ratusan perguruan tinggi negeri se-Indonesia dan mengukuhkan diri sebagai PTS terkemuka di luar Pulau Jawa.

“Klasterisasi perguruan tinggi 2020 oleh Kemdikbud, UMI berada di peringkat ke 64. Ini yang perlu diapresiasi oleh civitas akademika UMI dan tentu ini adalah kerja keras dari semua pihak mulai dari tingkat prodi hingga universitas,” kata Hanafi Ashad di Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Senin (8/2/2021).

Lalu ada Science and Technology Index (SINTA). Di pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemenristekdikti tahun 2020 tersebut, UMI berhasil menempati peringkat 100 besar atau tepatnya urutan 77 dari ribuan perguruan tinggi negeri dan swasta.

Yang terbaru di tahun 2021 adalah peringkat perguruan tinggi berbasi website yang dikelola oleh Webometrics. Dalam pemeringkatan berbasis internasional ini, UMI berhasil naik peringkat dari 108 (2020) menjadi 79 dalam kategori perguruan tinggi se-Indoensia.

Jika dilihat dari aspek pemeringkatan tersebut, UMI adalah pilihan yang sangat rasional dan memberikan garansi untuk berproses selama kuliah dan menjadi alumni yang berdaya saing tinggi, khususnya dalam menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0.

(HUMAS)