Makassar, umi.ac.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menggelar kuliah tamu secara virtual melalui aplikasi video conference zoom, Kamis (4/3/2021).

Kuliah Tamu yang dihelat oleh Program Studi S1 Perawat dan Program Profesi Ners FKM UMI ini menghadirkan Ketua Prodi Magister Keperawatan Universitas Diponegoro Dr. Meidiana Dwidiyanti, S.Kp., M. Sc.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa lingkup FKM UMI ini mengangkat tema ‘Aspek Spiritual Dalam Keperawatan Holistik’.

Dalam pemaparannya, Kaprodi S1 Keperawatan FKM UMI Wa Ode Sri Asnaniar, S.Kep., Ns., M. Kes menyebutkan, kuliah tamu merupakan program tahunan yang yang sebelumnya digelar secara offline.

“Namun Karena pandemic maka kita gelar secara daring. Program S1 Keperawatan dan Profesi Ners adalah program unggulan di UMI dengan visi menghadirkan perawat yang berwawasan islami,” ungkap Wa Ode Sri Asnaniar.

Sementara itu, Dekan FKM UMI Dr. Suharni A. Fachrin, S. Pd.,M.Kes dala sambutannya, menjelaskan, esensi dari kegiatan seperti ini tidak lain adalah untuk menambah wawasan dan bertukar pikiran dengan menghadirkan pemateri yang berkapabel.

“Ini juga ajang membangun silaturahim dan kerjasama antar perguruan tinggi khususnya UMI dan Universitas Diponegoro,” kata Suharni.

Suharni berpendapat, dalam konsepsi keperawatan hari ini sudah harus ditekankan tentang model penyembuhan berbasis Spiritual sebagai salah satu upaya mendorong penyembuhan pasien.

“Tema ini sangat menarik dan merupakan penghejawantahan visi misi prodi. Kita mengetahui bersama bahwa UMI adalah lembaga pendidikan dan dakwah yang selama ini kita melihat kekhasan UMI dengan mendakwah lewat pendidikan, khususnya keperawatan ini memilih kekhasan sepertikeperawatan holistic,” tuturnya.

Sebelum memasuki materi dari pembicara utama, peserta Kuliah Tamu disuguhkan terlebihd ahululu video profil FKM UMI dan sejumlah capaian-capaian yang sudah diraih.

(HUMAS)