Kuliah umum Dr. Hj. Hamidah Ramadhan, MA Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Raden Fatah Palembang, dengan tema Perkembangan dan Tantangan Dakwah menghadapi Globalisasi, di Aula Kampus Program Pascasarjana UMI Jl Urip Sumoharjo Makassar, Ahad 22 September 2013.

Direktur Program Pascasarjana UMI Prof Dr H Basri Modding, SE, MSi mengatakan bahwa kuliah umum ini disamping menambah wawasan juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar akademsi.

Program Pascasarjana UMI berdiri pada tahun 1995, membina 11 program studi termasuk 2 prodi doktor, yaitu manajemen dan ilmu hukum, semua prodi yang dibina Program Pascasarjana UMI sudah terakreditasi, mahasiswa aktif saat ini sebanyak 3200 orang.

Dr Hj Hamidah Ramadhan, MA juga mengatakan bahwa era globalisasi saat ini telah menghilangkan sekat-sekat waktu dan negara, dan ada kecenderungan masyarakat Indonesia lebih akrab dengan dunia barat dibanding sesama muslim Asia Tenggara, bukan hanya masyarakatnya tetapi juga segi kultural, ekonomi, politik dan pendidikan bahkan menjadikan Amerika sebagai “another qibla”.

Seiring percepatan dan perkembangan Iptek adanya perubahan drastis dibidang transportasi, telekomunikasi dan turisme, berakibat makin rendahnya komitmen nilai-nilai universal, rasa kebersamaan, penghargaan kemajemukan, hedonisme, agnostisisme dan materialisme.

Era globalisasi saat ini, para Da’I harus memiliki manajemen dan perencanaan yang matang, bahkan ada kecenderungan para Da’I berdakwah secara individual tanpa ada jaringan dengan para Da’I yang lain, sehingga materi yang disampaikan kurang direncanakan dengan matang tanpa ada evaluasi siapa jamaahnya, sehingga perlu ada organisasi dakwah yang memadukan berbagai bidang keahlian.

Berdakwah di era globalisasi materi dakwah harus bersifat logis, rasional, aktual, ilmiah dan materinya relevan dengan kebutuhan serta budaya yang sedang berlangsung di lingkungan masyarakat.

Kuliah umum diikuti mahasiswa program pascasarjana khususnya prodi pendidikan agama islam dan dihadiri direktur dan para asisten direktur, ketua prodi dalam lingkup pascasarjana UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!