UMI Makassar – Panitia Amaliah Ramadhan UMI menyelenggarakan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) di masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI sesudah dhuhur setiap Senin sd. Kamis. Demikian disampaikan Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A di kampus UMI (22/3).
Dikatakannya kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyemarakkan bulan Ramadhan dengan dakwah dan syiar Islam. Selain itu juga sebagai wadah bagi pimpinan UMI dalam mengembangkan ilmunya dalam berdakwah. Adapun tema sentral Kultum ini, yakni Membangkitkan Spiritual Quotient Berkarakter Qur’an.
Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A dalam ceramahnya menyatakan orang yang berpuasa mendapatkan tiga fitrah, yakni fitrah tauhid, manusia yang selalu merasakan kehadiran Allah SWT dimanapun manusia berada, termasuk saat sakratul maut.
“Selanjutnya fitrah ampunan untuk melahirkan jiwa yang suci dan akan melahirkan manusia yang bicara dan bersikap dengan benar, serta melakukan infaq dan sedekah,” ujarnya.
Dikatakan pula orang puasa akan memohon ridha dan syurga Allah melalui fitrah kesucian beribadah. Selain itu, fitrah silaturrahmi untuk saling memaafkan antara sesama serta membangun komunikasi/ silaturrahmi antara Allah dan hambaNya, misalnya dalam Q.S. Al-faatihah dibangun komunikasi/silaturrahim dengan Allah SWT. Untuk itu, silaturrahim harus dikembangkan untuk bisa maju, termasuk UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah harus banyak menjalin silaturrahim dengan berbagai pihak. Dijelaskan pula tentang makna huruf syin dalam Q.S. Alfaatihah yang memiliki tiga hal dengan makna Iman, Islam, Ihsan yang inti ketiga hal tersebut adalah membangun silaturrahmi.
(Humas UMI)
error: Content is protected !!