UMI Makassar – Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dan Kajian Ramadhan berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (23/6) dibawakan oleh Dekan Fakultas Agama Islam UMI Drs.H.M.Hasibuddin, SS, M.A. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A dan sejumlah dosen, karyawan serta mahasiswa UMI.

Ustaz M.Hasibuddin dalam ceramahnya membahas tentang salah satu Hadis menyangkut Ramadhan, yang artinya: “Bulan Ramadhan penuh berkah, maka diwajibkan umat Islam berpuasa. Pada bulan itu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Bahkan ada satu malam lebih mulia dari seribu bulan, yakni malam lailatul qadar”. Dikatakannya, jika umat Islam berpuasa, maka termasuk orang-orang yang beriman. Salah satu ciri orang beriman, adalah meyakini hal-hal yang baik, mendirikan shalat dengan khusyu dalam pelaksanaannya. Selain itu, orang beriman juga mengeluarkan zakat atau memberikan sedekah/infak sesuai keikhlasan masing-masing serta melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

“Untuk itu, diharapkan jamaah menggunakan kesempatan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dengan melakukan berbagai ibadah,” harapnya.

Panitia Amaliah Ramadhan UMI, Dr.Saleh Suratmin usai acara tersebut menyatakan kegiatan Kultum ini menampilkan pimpinan UMI sebagai penceramah yang bergantian setiap ba’da dhuhur hari Senin s.d Kamis. Mereka berbagi ilmu sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Selain itu, ini menjadi bagian dari menyemarakkan Milad UMI ke 61 dan syiar Islam di Bulan Ramadhan 1436 H.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!