UMI Makassar – Kultum berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (2/2) tentang Ikhlas oleh Dr.H.M.Yusri Arsyad, M.A. Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zain Irwanto, S,M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Samad, M.A, sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa UMI.

Ustaz Dr.Yusri menyatakan orang yang ikhlas adalah orang dewasa dalam keadaan sadar melakukan ibadah kepada Allah SWT. Selanjutnya, orang ikhlas dalam ibadah yakni orang tersebut harus mengetahui dengan baik pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT, misalnya orang yang sujud harus merapatkan kepalanya/dahinya di lantai/sajadah. Selain itu, orang ikhlas harus meniatkan bahwa ibadah kepada Allah SWT semata-mata hanya untuk Allah SWT, bukan untuk yang lain.

Dikatakan pula, dalam ibadah shalat, sebaiknya merasakan kebesaran Allah SWT, apalagi ketika mengucapkan kalimat Allahu Akbar. Semua alam semesta hanya kecil dihadapkan dengan kekuasaaan Allah SWT.

“Dalam melaksanakan ibadah shalat sebaiknya menganggap bahwa ibadah shalat yang dilakukan sudah menjadi shalat terakhir, agar ada upaya untuk memperbaiki dan khusyu dalam shalatnya,” urainya.

Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk memiliki hati yang lapang, agar terhindar dari segala masalah yang ada di dunia ini. Kalau perlu “tinggalkan” dunia, maksudnya tidak terlalu mementingkan kehidupan dunia, namun selalu berusaha semaksimal mungkin ibadah kepada Allah SWT, terutama pada malam hari bangun tengah malam shalat tahajjud. Kemudian dilanjutkan banyak melakukan silaturrahim kepada sesama untuk menjalin komunikasi untuk kesuksesan bersama.

(Humas UMI)