UMI Makassar – Kultum Ramadhan berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (7/7) oleh KH.M.Zein Irwanto, S, M.A tentang 4 Golongan Dirindukan Syurga. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA, sejumlah Wakil Dekan IV UMI, dosen dan mahasiswa UMI.
hadis zikir
Wakil Rektor IV UMI menyatakan ada 4 Golongan yang dirindukan syurga, yakni: pertama orang yang membaca qur’an. Kedua, orang yang menjaga lisan dari kebohongan dan hal-hal yang menciderai kemanusiaan. Ketiga, orang yang memberi makan dan minum saat berbuka puasa, dan keempat orang yang berpuasa.
Dikatakan puka pada masa Rasulullah, para sahabat yang mendengar Hadis ini, langsung berlomba-lomba membaca al-Qur’an. Ada yang membaca Al-Qur’an dan menamatkan al-Qur’an beberapa kali dalam sehari. Kelompok kedua, selain membaca al-Qur’an juga memahami kandungan al-Qur’an. Di dalam salah satu video, ada anak berumur 3 tahun sudah hafal al-Qur’an, karena Allah menanamkannya dalam hati hambaNya. Golongan berikutnya mengkaji ayat al-Qur’an secara mendalam. Golongan keempat membaca al-Qur’an dengan meresapinya sampai ia menangis, karena seakan-akan al-Qur’an diturunkan kepadanya. Sama seperti ketika Nabi Muhammad Saw menerima ayat “inna fiy khalqissamaawati wal ardy….”, Nabi menangis tersedu-sedu. Selain itu, golongan lainnya orang yang membaca al-Qur’an sebagai koreksi dan cermin terhadap diri sendiri, misalnya hari ini belum baca 1 ayat, misalnya, sehingga ayat al-Qur’an sebagai instruksi dalam kehidupannya.
(Humas UMI)