Kultum (Kuliah Tujuh Menit) disampaikan oleh Dr.Ir.H.Amir Tjoneng,MS di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (27/2) membahas tentang berfikir strategis. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Samad,MA, Wakil Dekan (WD) IV Fak. Ekonomi, WD 4 Fak. Sastra UMI, sejumlah dosen dan mahasiswa UMI.

Menurut H.Amir Tjoneng, “Berfikir strategis adalah para penerima amanah selalu mengemukakan visi & misi dimanapun ia berada. Al-Qur’an mensinyalir pemimpin harus menunjukkan jalan kepada umatnya dan mengantar orang itu sampai ke tujuan yang dituju. Inilah yang disebut dengan visi, misalnya visi UMI terwujudnya UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah dan melahirkan sarjana berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah,” (27/2).

Menurutnya visi UMI tersebut sangat luar biasa, dan ini merupakan loncatan yang luar biasa. Karena umumnya Perguruan Tinggi ternama seperti UGM dan ITB hanya melakukan Research dan Services University. Namun UMI langsung mencanangkan services University (Dakwah). Selain itu, ungkapan berilmu amaliah dan beramal ilmiah dalam visi UMI, menjadikan kita tidak tersesat. Sebab ada orang berilmu tetapi tidak diamalkan ilmunya, ini sesat. Selain itu, jika beramal tapi tidak ilmiah, maka juga dianggap sesat, karena beramal tidak ada landasannya secara ilmiah.

Selain visi, pemimpin juga harus sabar dalam mengantar anggotanya mencapai tujuan yang diharapkan bersama.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!