Penerimaan mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) Tahun Akademik 2011/2012 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Untuk tahun ini UMI hanya akan menerima mahasiswa baru 4000 sampai 4500, pembatasan ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas yang dimiliki UMI.

Hal tersebut dikemukakan Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar didampingi Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MSi dihadapan para wartawan cetak dan elektronik di daerah ini dalam acara Jumpa Pers dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, di Aula LPM Kampus II UMI, Senin (18/4).

Dampak dari pembatasan kuota mahasiswa baru yang diterima kata Masrurah Mokhtar adalah adanya kenaikan BPP/SPP bagi mahasiswa baru, untuk mahasiswa lama tidak ada kenaikan sampai selesai. Kebijakan rektorat untuk menaikkan BPP/SPP tetap memperhatikan kondisi dan kemampuan masyarakat di daerah ini.

Berkurangnya jumlah mahasiswa yang diterima, dibarengi dengan peningkatan kualitas dan menjaga rasio antara dosen dan mahasiswa, serta peningkatan sarana dan prasarana pendukung lainnya, kata Masrurah.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said mengatakan, sistem penerimaan mahasiswa baru tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yang dilakukan melalui dua cara, yaitu bebas tes bagi lulusan yang memiliki rangking umum 1 s.d 10 disekolahnya, kecuali Fakultas Kedoktera. Cara kedua adalah ujian seleksi masuk yang diselenggarakan dalam bentuk ujian tertulis dan wawancara, dengan mata uji pada kelompok IPA adalah Agama, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Biologi, Kimia, Fisika dan IPA terpadu, sedang kelompok IPS mata uji meliputi Agama, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Ekonomi dan IPS terpadu.

Jadwal Penerimaan Maba :

  1. Pendaftaran calon MABA  (18 April s.d 20 Agustus 2011)
  2. Ujian Seleksi Masuk (22 Agustus 2011)
  3. Ujian Wawancara (23 s.d 25 Agustus 2011)
  4. Pengumuman Hasil Ujian Seleksi Masuk (3 September 2011)
  5. Pendaftaran Ulang dan Pemeriksaan Kesehatan (05 s.d 17 September 2011)
  6. Pesantren Kilat (19 s.d 24 September 2011)
  7. Pengenalan Perpustakaan (26 s.d 30 September 2011)
  8. Kuliah Perdana (03 Oktober 2011)

(Humas UMI)