Lembaga Kemahasiswaan UMI Dilatih Berdakwah

UMI Makassar – Pelatihan Da’i/Da’iah bagi Pengurus Lembaga Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa UMI dibuka Rektor UMI di Aula Prof.Dr. Hj.Masrurah Mokhtar, M.A kantor LPDKI Kampus 2 UMI (3/8). Selain Rektor UMI, juga hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, Wakil Dekan IV Fak.Pertanian UMI, sejumlah panitia dan sekitar 50 peserta.

Prof.Masrurah Mokhtar menyatakan materi dakwah bukan lagi soal syurga dan neraka, tetapi memyangkut soal korupsi, prostitusi, narkoba, dst. Karena ada pergeseran nilai tentang rasa “malu”. Kalau dulu orang yang mencuri sangat malu, tetapi justru koruptor sekarang ongkang-ongkang kaki tanpa rasa malu, inilah ironi, katanya. Selain itu, tidak mesti yang jadi da’i berasal dari mahasiswa fakultas agama Islam, tetapi dari disiplin ilmu lainpun, bisa menjadi da’i, harapnya. Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur’an Surah Ali Imran yang menyerukan dakwah sebagai amar makruf dan nahi mungkar. Oleh karena itu, UMI memiliki program Cuti da’i bagi dosen dan karyawan UMI. Demikian pula bagi mahasiswa UMI. Hal ini penting sebagai tantangan bagi warga UMI untuk mempersiapkan diri dalam berdakwah di tengah umat.

“Bahkan LPDKI UMI melakukan pelatihan-pelatihan dai untuk mewujudkan UMI sebagi lembaga Pendidikan dan dakwah, khususnya bagi Wakil Dekan IV UMI dan LPDKI agar bersinerji dalam pengembangan dakwah dan kampus Islami,” harapnya.

Selain itu, dalam wilayah Kopertis IX, hanya UMI yang dipercaya mengelola program studi Profesi Insinyur. Hal ini diakui oleh Koordinator Kopertis IX dengan mengatakan di dalam forum regional bahwa ” seandainya tidak ada UMI, maka tidak ada PTS yang bisa saya banggakan, urainya.

Apa kiatnya meraih prestasi di UMI, maka Rektor menyatakan ia berdoa dulu kepada Allah, baru bekerja dan sesudah bekerja, ia berdoa lagi. Ia menyatkan gakkul yakin apa yang diperoleh UMI, adalah campur tangan dari Allah. Hal ini dirasakan sejak UMI mengalahkan UI di Depok dalam debat mahasiswa. Karena itu, ia berkesimpulan bahwa, tidak ada yang mustahil jika Allah yang menghendaki. Inilah dahsyatnya doa.

(Humas UMI)

Previous LPMD UMI Siapkan Rancangan KKN Kamtibmas
Next FKG UMI - Universiti Kebangsaan Malaysia Rintis Kerjasama

You might also like

Sambut Ramadhan, UMI Siapkan Kegiatan Dakwah

UMI Makassar – Koordinasi bidang dakwah dan kampus Islami UMI menyambut Ramadhan 1436 H berlangsung di ruang rapat LPDKI UMI (5/6). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A,

Kultum Ramadhan Civitas Akademika UMI

UMI Makassar – Kultum Ramadhan berlangsung di Masjid Umar Bin Kampus 2 UMI (7/2). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, sejumlah pimpinan fakultas, dosen, karyawan dan mahasiswa

Kultum Kisah Inspiratif

UMI Makassar – Kultum tentang Kisah Inspiratif berlangsung di Masjid Kampus 2 UMI (21/3) oleh Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA. Hadir pula sejumlah pimpinan UMI, dosen, karyawan dan mahasiswa