Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaksanakan  Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi dan Penulisan Buku Ajar bagi Dosen Tetap UMI, di ruang senat Kampus II UMI, Selasa 4 September 2012.

Ketua LP2S UMI Prof Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin LP2S yang diagendakan untuk diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi penguatan dan keterampilan dalam menulis bagi para dosen tetap UMI.

“Hal ini dapat memberi konstribusi  dalam penyediaan naskah tulisan untuk dimuat diberbagai jurnal, termasuk jurnal yang diterbitkan dalam lingkup UMI, baik dalam bentuk cetak maupun dalam bentuk online di website UMI,” tambahnya.

Rektor UMI Prof Dr Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebelum membuka acara tersebut mengatakan bahwa dalam penulisan jurnal atau tulisan lain, bahasa sangatlah penting karena bahasa merupakan mediator dalam menyampaikan gagasan atau ide, sehingga apa yang ditulis dapat dimengerti  dan diterima dengan baik oleh orang lain.

“Penguasaan bahasa yang baik mutlak harus dimiliki dalam setiap penulisan,” tegas mantan Dekan Fakultas Sastra UMI selama dua periode ini.

Kita menyadari bahwa kadang ada hasil penelitian yang dipublikasikan dijurnal, tetapi tidak mendapat respon atau penghargaan. Ini harus menjadi perhatian kita semua untuk tidak melakukan penelitian yang asal jadi, tetapi betul-betul dilakukan dengan baik dan maksimal, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan mempunyai nilai tambah.

“Jika ini dilakukan maka apapun yang ditulis dijurnal dari hasil penelitian pasti akan mendapat respon dan perhatian dari berbagai pihak, seperti jurnal di luar negeri,” ungkapnya.

Selama pelatihan peserta akan menerima materi antara lain ; Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah serta Ejaan Penulisan Buku Ajar oleh Prof Dr Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Strategi Pemilihan jurnal Ilmiah dan Familiarisasi dengan Gaya Penulisan Jurnal oleh Prof Dr H Syahnur Said, Teknik Penulisan Publikasi Ilmiah : Hasil dan Pembahasan serta Ilustrasi oleh Prof Dr Ir H Abdul Makhsud, DEA, Teknik Penulisan Publikasi Ilmiah : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci dan Pendahuluan oleh Prof H. Murdifing Haming, Ph.D dan Karya Ilmiah, Buku Ajar dan Hak Cipta oleh Prof Juajir.

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 4 – 5 September 2012.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!