Rencana Induk  Penelitian (RIP) menggambarkan arah penelitian yang akan dilakulan oleh perguruan tinggi,karena itu, diharapkan RIP UMI dimaksudkan untuk lebih memantapkan baik konten maupun kualitas dan substansi penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti. Hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof. Dr. Hj.Masrurah Mokhtar,MA.,  sebelum membuka Saresehan RIP UMI yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, bertempat di RM Ulu Juku (28/3).

Lanjut dikatakan, “Penelitian unggulan yang ditetapkan  dalam RIP UMI menjadi ruh dalam penelitian yang dilakukan oleh para dosen yang berinteraksi dalam proses pembelajaran di UMI,”  harap Masrurah guru besar bidang Linguistik ini.

Sementara itu, Ketua Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafids,SH.MH mengatakan bahwa tahun 2012 UMI telah mengalokasikan dana satu milyar lebih kepada peneliti UMI, dan Alhamdulillah UMI telah mendapat kepercayaan desentralisasi penelitian dari DIKTI berkaitan dengan  Rencana Induk Penelitian ( RIP) ditetapkan 4 kelompok unggulan penelitian yaitu rekayasa dan lingkungan pangan dan kesehatan, ekonomi dan humaniora,  islam dan karakter masing-masing kelompok unggulan memiliki bidang penelitian unggulan dengan tema-tema yang sudah dirancang untuk dikembangkan hingga hasil penelitian nantinya bisa diaplikasikan di masyarakat dalam rentang waktu 5 tahun (2012-2016).

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Yayasan Wakaf UMI, Ir.H.Lambang Basri,M.Sc.,Ph.D. Wakil Rektor I Prof.Dr.H.Syahnur Said,MS. WR 4, Prof.Dr.Ir.H.Abdul Makhsud,DEA, pimpinan Fakultas dan ketua lembaga dalam lingkup UMI,  para peneliti UMI dari berbagai disiplin ilmu.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!