Manajemen adalah mengatur, mengurus, melaksanakan dan mengelola dengan baik. Selain itu manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Demikian dikemukakan Prof Dr. Achmad Gani, SE, M.Si pada pelatihan manajemen Islam yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI (8/3).

Lebih lanjut dikemukakan bahwa manajemen Islam dibahas dalam QS. As Sajadah ayat 5 yang artinya: Allah mengatur urusan dari langit dan bumi, kemudian urusan itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitungan.

“Disinilah pentingnya mengelola lembaga kemahasiswaan UMI secara Islami. Karena dengan begitu akan melahirkan pemimpin yang Islami di masa depan,” ujar Wakil Rektor III UMI ini.

Apalagi telah banyak prestasi yang ditorehkan mahasiswa UMI, antara lain baru-baru ini mahasiswa UMI meraih juara debat tingkat nasional, tahun lalu juga juara umum 3 MTQ tingkat nasional, dan banyak lagi prestasi mahasiswa lainnya.

Pembicara lainnya adalah Dr.M.Arfah Shiddiq, MA membahas konsep Islam tentang manajemen dan Dr. M.Ishaq Samad, MA membahas Manajemen dan kepemimpinan Islam.

Peserta sekitar 50 orang utusan dari pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, Forum Mahasiswa Binaan, Forum Mahasiswa Student Ambassador, dan Forum Tahfiz UMI. Demikian disampaikan Drs.M.Ilyas Umar, M.Hum sebagai Ketua panitia pelaksana.

(Humas UMI)