UMI Makassar – 500 Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Palopo mengikuti Pelatihan Karakter/Revolusi Mental yang dilaksanakan LPDKI UMI Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel (6/1).

Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A sekaligus sebagai pemateri bersama Tim UMI. Hadir pula Kepala SMA N2 Palopo Drs.Basman, M.Si beserta sejumlah guru. Kegiatan ini dipusatkan di Aula SMAN 2 Palopo.

Kepala SMA N2 Palopo Drs.Basman menyatakan sangat bergembira menghadirkan Tim UMI dalam kegiatan ini. Sebab menurutnya kesempatan bagi siswa-siswi untuk menggali ilmu dan keterampilan tentang karakter dari narasumber UMI.

“Untuk itu diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya dan dapat mengambil pelajaran untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan kegiatan ini seperti suasana saat Pesantren Kilat Mahasiswa Baru UMI. Mengingat jumlah peserta yang demikian banyak, namun tetap bisa tertib dan berjalan aman. Selain itu, disampaikan pula tujuan kehadiran Tim UMI untuk sialturrahmi, sekaligus memsosialisasikan Program Unggulan UMI dalam bentuk kegiatan Zikir dan Muhasabah serta menanamkan bibit-bibit Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter. Siswa-siswi digiring untuk mampu mengenal potensi dirinya dengan menggali sendiri kekuatan diri, seperti memiliki tujuan/cita-cita, daya tahan yang kuat, inspiratif, kreatif, berdaya saing, percaya diri, rasa ingin tahu yang tinggi, dll.

Salah seorang siswi bernama Alda menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada UMI atas kesempatan mengikuti acara ini, karena mendapatkan pengalaman spiritual yang dapat menggugah hati dan pikirannya, terutama ketika zikir, dan diingatkan tentang jasa-jasa orang tua, serta mengingat dosa-dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Kegiatan tersebut disajikan dengan beragam metode, yakni ceramah, kuiz, game, tanya jawab, pemberian hadiah, zikir, muhasabah, do’a, dan diakhiri dengan ramah tamah saling bermaaf-maafan, baik antara siswa dengan siswa, siswa dan guru, maupun warga sekolah dengan Tim UMI sambil berjabat tangan diiringi shalawat. Di sela-sela acara diinformasikan terkait jurusan dan fakultas yang ada di UMI, jika siswa kelas XII yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi dapat melanjutkan ke UMI Makassar.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!