Pembukaan Kajian Keislaman IPTEKS berlangsung di ruang LPDKI UMI oleh Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 5 UMI Dr.M.Arfah Shiddiq, MA (26/9). Hadir sejumlah dosen dan 100-an mahasiswa UMI.

Dr.M.Arfah Shiddiq, MA menyatakan kegiatan kajian keislaman tentang IPTEKS yang dilaksanakan Lembaga Pengambangan Dakwah dan Kampus Islami ini merupakan terobosan yang perlu dilanjutkan secara terus menerus.

“Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Disamping itu, Islam juga menyuruh manusia untuk melakukan pengkajian dan pengamatan terhadap alam semesta serta mengelola alam ini, karena manusia diberikan amanah mengelola alam untuk sebesar-besarnya kepentingan manusia.

Dr.M.Ishaq Shamad, MA selaku Ketua LPDKI dalam sambutannya menyatakan sangat senang atas terselenggaranya kajian keislaman ini, karena UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang mengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Selain itu, kajian seperti ini merupakan kegiatan yang telah dicanangkan secara periodik, guna memberi pemahaman dan pengembangan IPTEKS, khususnya di kalangan mahasiswa UMI.

Drs.M.Ilyas Umar, M.Hum selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan kajian ini untuk memberi semangat dan pengetahuan kepada peserta tentang konsep-konsep Islam tentang IPTEKS. Peserta utusan dari Forum Mahasiswa Binaan, Forum Student Ambassador, Forum Tahfiz UMI dan utusan dari seluruh fakultas dalam lingkup UMI.

Acara berlangsung sehari, pagi sampai sore. Pemateri antara lain Prof. Dr.Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Dr.Ir. Iskandar BP, MS, Prof.Dr. Abdul Makhsud, DEA dan Dr. M. Arfah Shiddiq, MA dengan tema “Internalisasi Nilai Islam dalam Ilmu Pengetahuan dan Seni.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!