Pelaksanaan manasik haji dan umrah berlangsung di ruang LPDKI Kampus 2 UMI (28/2). Hadir Wakil Rektor 5 UMI Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA, Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA, sejumlah peserta umrah utusan keluarga besar UMI.

Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan selamat kepada semua peserta umrah rombongan UMI yang terpilih menunaikan ibadah umrah tahun ini. Selain itu, diharapkan untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik, mental dan spiritual.

“Untuk itulah perlunya manasik seperti ini yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI,”.

Sekretaris panitia Drs.H.Abd.Hamid Sulaiman menyatakan bahwa bimbingan manasik ini berlangsung selama 2 hari (28/2 sampai dengan 1/3), diikuti 30 peserta umrah UMI dan sejumlah mahasiswa binaan UMI.  Pemateri antara lain Dr.H.M.Arfah Shidiq,MA membahas tempat-tempat ziarah dan urgensinya, Dr.H.M.Thahir Bandu,MA, membahas tata cara melaksanakan ibadah umrah dan Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA membahas Tips melakukan perjalanan Umrah yang menyenangkan.

Pembawa manasik Ust. Dr.H.M.Thahir Bandu, MA menjelaskan syarat dan rukun pelaksanaan umrah, serta praktek penggunaan pakaian ihram. Dikatakannya agar peserta memperbaiki niat semata-mata hanya beribadah kepada Allah SWT, kemudian memahami dengan baik tata cara pelaksanaan umrah itu sendiri.

Sementara itu Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA menjelaskan beberapa tips yang dapat dilakukan peserta saat melakukan perjalanan umrah, diantaranya mempersiapkan kesehatan yang baik, latihan berjalan kaki sebab akan menempuh jalan kaki sebanyak sekian kilometer, banyak minum air putih, dan seterusnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!