UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengutus Ketua LPDKI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dan Drs. Bahtiar mengikuti Workshop Kepemimpinan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi tahun 2015 dengan tema “Tata Kelola Rumah Ibadah (Masjid) Kampus dan Kepemimpinan Nasional (9-10/8) di Hotel Crown Plaza Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Direktorat Perguruan Tinggi (Ristek DIKTI), diikuti sekitar 123 perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jendral RistekDIKTI Prof.Dr.Ainun Naim. Hadir Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Prof.Hermawan Dipojono, Direktur Kelembagaan Perguruan Tinggi Ristek DIKTI, Dr.Toto dan sejumlah pejabat dalam lingkup RistekDIKTI.

Menurut Ketua Panitia Dr.Toto pelaksanaan revolusi mental perlu diimplementasikan, terutama di dalam kampus. Untuk itu, perlu diperkuat tata kelola kampus dalam menumbuhkan manusia berkarakter dalam mensukseskan revolusi mental.

“Tujuan kegiatan ini untuk menjadikan masjid kampus sebagai rumah rohani dan centre of excellent dalam memberikan pelayanan kepada sivitas akademika kampus. Diharapkan hasil workshop ini, dapat mengembangkan peran masjid kampus dalam pemberdayaan umat,” jelasnya.

Sekjen Ristek DIKTI Prof.Dr.Ainun Naim menyatakan betapa mulianya orang yang memakmurkan masjid, termasuk seluruh peserta yang hadir dari seluruh masjid kampus se Indonesia. Dikatakanya masjid kampus telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dari segi fisik maupun non fisik. Ke depannya kegiatan ta’mir masjid kampus, perlu melibatkan semua komponen sivitas akademika dan masyarakat luas sekitar kampus. Dikatakannya masjid kampus yang makmur adalah masjid yang melibatkan mahasiswa dan seluruh sivitas akademika, jelasnya. Selain itu, saat ini telah berkembang MTQ antar mahasiswa nasional yang digalakkan di kalangan kampus. Ini semua menjadi indikator kemajuan pengelolaan masjid kampus.

(Humas UMI)