LPDKI UMI Rihlah Spiritual ke Masjid Malaysia & Darussalam

UMI Makassar – Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI melaksanakan Rihlah Spiritual pada sejumlah Masjid di Malaysia dan Brunei Darussalam (28-31/1). Kegiatan ini dipimpin Wakil Rektor IV UMI Bidang Dakwah dan Kampus Islami KH.M.Zein Irwanto, M.A, bersama Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, Ketua Kabid Masjid dan Dakwah Dr.Yusri Arsyad, M.A, Kabid Dakwah dan Konseling Dr.Nursetiawati, Kabid Tahfizh Dr.Agus Salim, M.A, dan Kabid Dakwah dan Kajian H.Mujahid Abd.Jabbar, M.A serta sejumlah staf LPDKI UMI.

KH.M.Zein Irwanto menyatakan kegiatan ini dalam rangka kunjungan dan silaturrahim dengan sejumlah pengurus masjid, baik di masjid kampus maupun masjid nasional di Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Bidang dakwah dan kampus Islami UMI perlu melihat lebih dekat sistem pengelolaan masjid kampus dan dakwah di Asia. Dengan harapan dapat mendukung terwujudnya UMI menuju World Class University,” jelasnya.

Dikatakan pula, kegiatan ini untuk menambah wawasan tentang manajemen masjid demi kemaslahatan umat, khususnya bagi sivitas akademika UMI). Ketika silaturrahim dengan pengurus masjid Putra Jaya Malaysia (Masjid Kerajaan), diterima langsung oleh Pengurus Masjid Kerajaan Bidang Dakwah Pak Cik Muhammad Hamzah, ia menyatakan siap bekerjasama UMI dalam pengembangan dakwah dan kemasjidan ke depannya.

Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan Rihlah Spiritual di sejumlah masjid di Asia dapat meningkatkan silaturrahim dan jalinan kerjasama yang erat antara LPDKI UMI dengan sejumlah pengurus masjid, khususnya pengurus masjid kampus di Asia.

Diantara masjid yang dikunjungi, yakni Masjid Kampus Univeritas Teknologi Malaysia, Masjid Kampus Universitas Antar Bangsa, Masjid Putra Jaya, Masjid Nasional Kuala Lumpur dan Masjid Jamek. Sementara di Brunei Darussalam, masjid yang dikunjungi antara lain masjid Sulthan Omar Ali Syarifuddin dan Masjid Jame Brunei Darussalam, jelasnya.

Di Kampus Universitas Islam Antar Bangsa tim LPDKI UMI diterima oleh Syekh Muhammad Muhyiddin dosen asal Libia dan Syekh Muhammad Munsi al-Qamati. Keduanya menyambut baik kunjungan Tim LPDKI UMI di masjid kampus IIUM dan mereka siap melakukan kunjungan balasan ke kampus UMI.

Dikatakannya mahasiswanya berasal dari 150 negara dengan jumlah mahasiswa sekitar 5 ribu, umumnya Muslim, tapi ada juga mahasiswa non muslim. Kebanyakan mahasisawa internasional dari negara Afrika, karena peminat studi internasional di kampus ini memang kebanyakan dari Afrika. Dijelaskan pula kegiatan keislaman dalam bentuk ekstra kurikuler dan konsultasi tentang fiqhi. Setiap hari jumat dilaksanakan kajian keislaman yang melibatkan jamaah dari luar sekitar kampus. Sudah dilaksanakan sekitar 500 kali kajian keislaman dengan mendatangkan banyak Ustaz ahli Muhaddis, baik dari Kuala Lumpur maupun dari Yaman dan negara muslim lainnya.

Sementara itu pengurus Masjid Kampus Universitas Antar Bangsa Fahmi yang menfasilitasi kehadiran Tim Rihlah LPDKI UMI di Malaysia siap menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan dakwah kampus. Dikatakan setiap akhir semester dilaksanakan Camp ibadah mahasiswa yang berlangsung 3 malam per semester. Selain itu diwajibkan sekali setahun bagi pimpinan untuk ikut Camp ibadah selama 3 malam, mulai Jumat Sabtu minggu. Semua kegiatan tersebut dikelola pengurus masjid kampus. Selain itu juga dilakukan gerakan shalat shubuh berjamaah.

Selanjutnya, Rita Fatimah yang studi S2 di kampus ini berasal dari Alumni FAI UMI dan alumni student ambassador kampus Islami UMI menjadi guide bagi tim UMI selama di Malaysia.

(Humas UMI)

Previous LPDKI UMI - ITQSHHB Brunei Darussalam Jajaki Kerjasama
Next Kajian Penilaian Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Morowali

You might also like

Andi Abidin R, SH., MH Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

Andi Abidin R, SH, MH  dosen tetap Fakultas Hukum  UMI berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum bidang Hukum Tata Negara, dengan predikat sangat memuaskan setelah mempertahankan disertasi yang berjudul “Otonomi

Hari Ini Tes Wawancara, Masih Macet, Pimpinan UMI Mohon Maaf

UMI Makassar – Hari kedua tes wawancara calon Mahasiswa Baru (MABA) Universitas Muslim Indonesia (UMI) jalan protokol depan UMI, Jl. Urip Sumohardjo, mengalami  kemacetan (15/7). Atas nama Pimpinan UMI, memohon

Tindak Lanjut Kerjasama UMI dengan PT. Semen Tonasa

Sebagai tindak lanjut kerjasama UMI dengan PT Semen Tonasa telah dilakukan studi pengelolaan Rumah Sakit PT Semen Tonasa dengan Tim Kesehatan UMI. Hal ini disampaikan Wakil Rektor 4 UMI Prof.Dr.H.Abd.Makhsud,DEA