UMI Makassar – Rektor UMI menyatakan pentingnya mengembangkan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah secara seimbang. Hal ini disampaikan di kampus 2 UMI pada acara Koordinasi Bidang Dakwah dan kampus Islami UMI (22/7). Hadir Wakil Rektor IV Drs. KH. M.Zein Irwanto, MA, Ketua LPDKI Dr.M.Ishaq Shamad, MA, sejumlah wakil dekan IV dan karyawan LPDKI UMI.

Dikatakannya, selama ini telah berkembang bidang pendidikan dengan pesat, namun bidang dakwah belum setara. Untuk itu, perlu dilakukan pembinaan di bidang dakwah lebih gencar lagi, apalagi telah dibentuk LPDKI (Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami) UMI. Keberadaan LPDKI diharapkan lebih gencar secara operasional melaksanakan tugas-tugas dakwah di tingkat Universitas. Sementara di tingkat fakultas dilaksanakan oleh Wakil Dekan IV bidang dakwah dan kampus Islami.

“Mulai saat ini dicanangkan program 1 year 1 juz, dan khusus kepada dosen dan karyawan juz 30 wajib dihafal,” ungkapnya.

Prof. Masrurah juga menekankan pentingnya membaca Al Qur’an, karena setiap 1 ayat sama dengan 1 hasanah (kebaikan). Bahkan siapa yang mengajarkan hafalan Al Qur’an kepada anaknya, maka orang tuanya mendapatkan kedudukan yang tinggi dihadapan Allah SWT, dan banyak lagi keutamaan-keutamaan Al-Qur’an lainnya, termasuk bacaan Q.S.Yasin sama halnya dengan khatam Al-Qur’an sebanyak 2 kali.

Untuk operasional program hafal Al-Qur’an 1 year one juz, jika ada dosen dan karyawan yang hafal, maka akan diberikan reward/penghargaan oleh Rektor. Rektor UMI juga menekankan pentingnya disiplin waktu terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan di UMI, termasuk akan dilaksanakan apel spiritual untuk menggenjot kedisiplinan waktu.

“Dalam 1 tahun ini; WR4, LPDKI dan WD4 diharapkan bisa kelihatan hasil kerjanya, setidaknya dalam jangka triwulan ini, apa konsep yang ingin dicapai dalam program kampus Islami dan terus dievaluasi jika ada kendala yang dihadapi,” jelasnya.

Wakil Rektor IV Bidang Dakwah dan Kampus Islami UMI Drs. KH. M. Zein Irwanto, S. MA menyatakan pentingnya membuat satu model pembinaan dakwah dan kampus Islami yang bisa diwujudkan. Selain itu, telah dibuat kelembagaan, yakni Wakil Rektor IV, LPDKI dan WD 4. Dukungan Ketua Yayasan dan Rektor UMI sangat tinggi dalam bidang dakwah dan kampus Islami agar ketiga lembaga ini dapat bersinerji. WR IV dan WD 4 jalur kerjanya garis komando, sementara LPDKI dan WR4 sebagai jalur koordinasi. Namun dari segi pelaksanaan tugas WR4 dan LPDKI bersinerji.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!