Seminar Hasil Penelitian Tahap I tahun 2012 di Kawasan Timur Indonesia berlangsung di Hotel Grand Clarion Makassar (21/5). Seminar ini dilaksanakan oleh Balai dan Pengembangan Agama Makassar.

Hadir Kepala Litbang Kemenag R.I Prof.Dr.H.Machasin,MA, Kakanwil Depag Sulsel diwakili Kabid. Pekapontren Drs.H.Abd.Wahid,MA, Kepala Litbang Kemenag Sulsel Dr.H.Abd.Kadir Massoweang,M.Ag, sejumlah peserta dan para peneliti dari Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Selatan, termasuk Ketua Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA yang mewakili UMI.

Dr.H.Abd.Kadir menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk diseminasi hasil penelitian. Selain itu untuk mendapatkan masukan untuk menyempurnakan hasil penelitian serta untuk mempertajam rekomendasi kebijkan pemerintah dalam bidang keagamaan. Dikatakan pula peserta berjumlah 90 orang utusan dari berbagai instansi terkait dan perguruan tinggi di Sulsel. Kegiatan ini akan berlangsung 21 s.d 24 Mei 2012 di Hotel Clarion Makassar.

Drs.H.Abd.Wahid yang mewakili KaKanwil Kemenag Sulsel menyatakan kegiatan ini sangat baik terutama karena salah satu hasil penelitian yang akan dibahas mengenai kompetensi pengawas pendidikan di Kawasan Timur Indonesia. Hal ini sangat penting karena selama ini banyak pengawas yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik, terutama dalam melakukan pengawasan di bidang pendidikan agama Islam. Selain itu juga akan dibahas Sistem Pengelolaan Masjid Raya dan Masjid Agung di KTI.

Kepala Badan Litbang Kemenag Pusat menyatakan bahwa salah satu fungsi Badan Litbang Kemenag untuk menyiapkan hasil penelitian yang akan menjadi bahan dan rekomendasi untuk merumuskan kebijakan pemerintah.

“Masalah yang diangkat dalam seminar ini sangat relevan dengan bidang pembinaan keagamaan, khususnya dalam memberi masukan kepada pemerintah untuk memajukan kehidupan beragama umat,” urainya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!