Dalam upaya memudahkan akses informatika manajemen dan akademik dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muslim Indonesia melaksanakan Pelatihan Sistem Infomasi, Manajemen dan Akademik (SIMAK) UMI.

Pelatihan ini diikuti 60 orang peserta dari unsur karyawan dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia, hal ini disampaikan Ketua LPM UMI, Dr. Ir. H. Karim Hadi, MSc., disea-sela acara pembukaan SIMAK di ruang senat Kampus 2 UMI (28/3).

Lanjut dikatakan, pelatihan SIMAK ini bertujuan selain memudahkan program studi dan fakultas untuk memperoleh database yang terkait bidang akademik seperti data mahasiswa dan dosen, proses pembelajaran dan pelaporan, sekaligus bertujuan mengkoneksikan SIMAK yang berfungsi sebagai surat elektronik dapat dikoneksikan dengan SPBED menuju pangkalan data perguruan tinggi yang berpusat di kopertis wil. IX Sulawesi dan memudahkan mengakses ke DIKTI.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof.Dr. H.Syahnur Said,MS dengan harapan peserta antusias dan disiplin mengikuti pelatihan yang dilaksanakan dua hari (28 s.d 29 Maret 2013) agar nantinya dapat mengimplementasikan di fakultas maupun unit masing-masing.

“SIMAK juga bertujuan memudahkan mahasiswa untuk mengakses langsung aktivitas akadamik misalnya mendaftar mata kuliah, kontrol mata kuliah yang terkait masalah akademik,” ujar mantan Ketua Lembaga Ketenagakerjaan Indonesia UMI ini.

Metode pelatihan, penyampaian materi hari pertama dan praktek hari kedua dengan menampilkan narasumber Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Wakil Rektor I, Prof.Dr. H. Syahnur Said, MS., Wakil Rektor II, Dr.Ir.H.Iskandar BP, MSc., dan Ketua Lembaga Pusat penjamin Mutu (LPM) UMI, Dr. Ir. H.karim Hadi, MSc. dan tim fasilitator LPM UMI.

(Humas UMI)