LPM UMI Tingkatkan Akreditasi dan Kualitas SPMI

UMI Makassar – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muslim Indonesia bertolak dari Bandara Sultan Hasanuddin (2/2) menuju Surabaya untuk studi banding di beberapa perguruan tinggi yang berakreditasi A di Surabaya dan Malang dan Selanjutnya ke Jogya.

Dalam rombongan hadir Wakil Rektor I Bidang akademik Prof.Dr. H.Syahnur Said,MS., Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan SDM, Dr. Ir. H .Iskandar BP, MSc dan Wakil Rektor V bidang perencanaan dan Kampus Islami, Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH., MH.

lpm3

Ketua LPM UMI Prof.Dr. H.Abdul Makhsud, DEA mengatakan kegiatan yang berlangsung  tanggal 2 s.d 6 Februari 2016 dirangkaikan dengan rapat kerja untuk merumuskan strategi dan rencana pengembangan standar penjaminan mutu serta upaya pencapaian peningkatan akreditasi A program studi dan akreditasi institusi UMI.

Selain itu, studi banding ini juga bertujuan merumuskan strategi penjaminan mutu internal (SPMI) Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Sementara itu, di tempat terpisah Wakil Rektor II, Dr.Ir.H.Iskandar BP, MSc mengatakan, dengan dilakukannya studi banding ini diharapkan LPM UMI melakukan pembelajaran dari badan penjaminan mutu universitas negeri maupun swasta yang berakreditasi A dalam hal implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI), tentang  pengelolaan institusi terutama aspek audit mutu internal, operasional prosedur dalam pelaksanaan audit, hingga proses sosialisasi dan pelaporan hasil temuan audit mutu internal.

lpm1

Lanjut dikatakan, era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini menuntut perguruan tinggi meningkatkan mutu luaran agar dapat bersaing dengan SDM negara lain baik di dalam maupun di luar negeri. UMI secara kelembagaan harus siap bersaing dengan Perguruan Tinggi ASEAN yang akan lebih bebas keluar masuk Indonesia, sebagai universitas yang profesional dalam layanan pendidikan bermutu berbasis pada nilai keislaman melalui sistem manajemen mutu ISO.

“Mutu universitas tercermin dari akreditasi institusi dan akreditasi program studi di dalamnya, untuk dapat meningkatkan mutu UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah dengan tetap menjaga nilai-nilai Islami dan dapat bersaing secara lokal maupun global, karena itu kegiatan studi banding betul-betul memberi manfaat besar bagi  Lembaga Penjaminan Mutu (LMP) UMI dalam menyiapkan diri  terakreditasi,” kuncinya.

(Humas UMI)

Previous Mahasiswa FKM Lolos di Harvard, Pamit ke Rektor UMI
Next LPM UMI Kunjungi UMM dan UB Malang

You might also like

UMI Terima Bantuan 1.600 Bibit Penghijauan

UMI Makassar – Guna mendukung Program Walikota Makassar untuk pengembangan Lorong Garden (Longgar) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Makassar, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan Kota Makassar

FKM Miliki Gedung Baru

UMI Makassar – Pada momentum hari ini yang bersamaan dengan tahun baru Islam 1437 H, Ketua yayasan UMI meresmikan gedung baru Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI Makassar. Gedung FKM ini

Alhamdulillah, Satu Lagi Dosen Fak. Hukum UMI Raih Doktor

UMI Makassar – Satu lagi dosen tetap Fakultas Hukum UMI meraih gelar doktor dalam bidang ilmu hukum, dengan predikat sangat memuaskan, yaitu Muhammad Akhdor, SH, MH setelah mempertahankan disertasi didepan