UMI Makassar – Dalam upaya memberikan pemahaman kepada dosen UMI akan pentingnya pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta memotivasi para dosen untuk senanatisa memiliki jiwa pengabdian kepada masayarakat melalui penelitian pada masyarakat berbasis peningkatan taraf hidup masyarakat dan pengembangan institusi. Hal ini disampaikan Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebelum membuka acara workshop pengabdian pada masyarakat bagi dosen UMI, di aula Kantor LPMD UMI, menara UMI Lantai 3 (17/4).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua LPMD UMI Prof.Dr. H.Salim Basalamah, MSi., Sekretaris LPMD Drs.H.Rauf Assagaf, M.PD., Kabid. Desa Binaan UMI yang juga ketua panitia Dr.Ir. Hj. Netty Said, MS.

Lanjut dikatakan, dosen  adalah  pendidik  profesional  dan  ilmuwan  dengan  tugas  utama  mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Karena itu, diharapkan dosen lebih meningkatkan gairah untuk meneliti dan mengabdi yang  menghasilkan karya ilmiah bagi pengembangan kualitas hidup masyarakat melalui serangkaian pengabdian masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab yang sama dalam bidang pendidikan dan pengajaran.  Beliau juga menyampaikan keprihatinan apabila seorang dosen yang hanya bisa mengajar, tetapi tidak cakap dalam meneliti dan mengabdi kepada masyarakat. Menurutnya, ruh seorang dosen terletak pada tiga tridharma tersebut.

Sementara itu ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof.Dr. H.salim Basalamah, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam mengakses berbagai peluang penelitian dan pengabdian kepada kualitas dan kuantitas skim atau level pengabdian masyakarat yang dibuat oleh dosen UMI. Selain itu, bertujuan memberikan pemahaman kepada para dosen akan pentingnya kegiatan pengabdian pada masyarakat dan sekaligus memotivasi dosen UMI untuk senantiasa memiliki jiwa pengabdian pada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa, kegiatan ini berlangsung satu hari, tanggal 17 April 2014 dan diikuti 40 peserta dari dosen UMI dari unsur 13 fakultas yang ada. Dengan menghadirkan narasumber Prof.Dr.Ir.H.Abd. Makhsud,DEA (Peran Dosen dalam program pengabdian kepada masyarakat), Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA (Motivasi pengabdian kepada masyarakat), Prof.Dr. H. Syahnur Said, MS ( Prosedur, waktu, dan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat), Prof. Dr. Mulyadi Nursi, M.Si ( Strategi sukses program pengabdian IbM-IbW dan pembahasan proposal peserta), Dr. H.Muhammad Yahya, M.Kes.,M.Eng (Strategi sukses program pengabdian IbIKK-IbPE dan pembahasan proposal peserta.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!