Rektor UMI Prof Dr Hj. Masrurah Mokhtar, MA membuka Pembekalan Dosen dan Sarjana Pengabdi Desa yang dilaksanakan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI, di Aula Kampus I UMI, Senin 21 Januari 2013.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA mengatakan bahwa dosen baru  di UMI wajib melakukan pengabdian di desa binaan UMI sebelum menjadi dosen tetap Yayasan Wakaf UMI.

Sebagai dosen dan guru atau sarjana pengabdi desa yang akan melakukan pengabdian di desa binaan UMI, harus memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada masyarakat, karena keberadaannya di desa membawa nama UMI.

“Jadi selama berada ditengah-tengah masyarakat harus menjaga nama baik UMI dalam bertindak, berbuat dan bertutur kata dalam berinteraksi dengan masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan pula bahwa Dosen dan guru bukan hanya sebagai tenaga pendidik tapi merupakan pekerjaan mulia, jadi apa yang diucapkan harus dibarengi dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua LPMD UMI Prof Dr H Salim Basalamah mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan, sekaligus penyegaran kepada dosen dan tenaga pengabdi desa yang akan melakukan pengabdian di desa binaan UMI, dengan tiga sasaran pengabdian yaitu pendidikan, keagamaan dan sosial budaya.

Peserta pembekalan diikuti 35 orang terdiri 28 dosen dan 7 tenaga pengabdi desa atau guru yang akan disebar di 25 desa binaan UMI di wilayah Sulsel. Mereka akan melakukan pengabdian selama 40 hari.

Materi pembekalan antara lain, Implementasi akhlaq dalam melaksanakan amanah oleh Prof Dr Hj. Masrurah Mokhtar, Kebijakan Yayasan Wakaf UMI dalam pelaksanaan pengabdian pada masyarakat oleh Prof H Murdifin Haming, Ph.D, Visi dan misi UMI dalam pengabdian pada masyarakat hubungannya dengan kredit point bagi dosen oleh Prof Dr H Syahnur Said, Monitoring dan evaluasi pengabdian bagi dosen pengabdi oleh Prof Dr Ir H Abdul Makhsud, DEA, Penerapan Teknologi Tepat Guna oleh Dr Ir H. Iskandar BP, MSc, Metode Dakwah dalam rangka kampus islami oleh Dr H. M. Arfah Shiddiq, MA, Penerapan dan tanggung jawab dosen pengabdi sebagai pendidik di masyarakat oleh Prof Dr H Salim Basalamah.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!