Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program strategis yang mempunyai dampak berganda (multiplier effect). Program ini merupakan salah satu program unggulan dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPMD) Universitas Muslim Indonesia  dalam  rangka meningkatkan peran kepemimpinan, kemandirian, dan kepeloporan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang berdampak terhadap pembangunan daerah. Karena itu, dosen yang ditugaskan sebagai supervisi KKN diharapkan dapat memberikan pembinaan dan pendampingan tidak hanya dalam  aspek administrasi, tetapi dalam berbagai aktivitas yang dilaksanakan  mahasiswa dampingan termasuk pembinaan perilaku dan tata bicara yang baik dalam berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebelum membuka pelatihan supervisi KKN yang dilaksanakan Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah Universitas Muslim Indonesia (27/3) di aula Unitar Kampus 1 UMI.

Lanjut dikatakan, “Program KKN ini juga merupakan sarana pembentukan wirausaha mandiri  dengan kemampuan mengimplementasikan buah pikiran/ide yang cerdas dan berkualitas bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat khususnya di pedesaan dengan potensi lokal sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan penduduk desa. Selain itu, diharapkan mengembangkan  kepemimpinan mahasiswa UMI  yang memahami kondisi kehidupan masyarakat pedesaan,”  ujar mantan WR IV UMI ini.

Sementara itu, Ketua LPMD-UMI, Prof. Dr.H. Salim Basalamah,SE.,yang didampingi Sekretaris LPMD-UMI, Ir.Anas Bojeng,MS., mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari  27-28 Maret 2012 ini dan diikuti    20 peserta  dari dosen tetap UMI dengan berbagai disiplim ilmu,  bertujuan membangun persepsi dan misi pola pembinaan dan pendampingan terhadap mahasiswa KKN serta meningkatkan  kepeloporan dan partisipasi mahasiswa pada berbagai sektor pembangunan melalui peran inisiasi, fasilitasi dan pendampingan implementasi program pembangunan di pedesaan.  Selain itu, fokus kegiatan pembinaan mahasiswa KKN diarahkan untuk  menggerakkan dan membangun pedesaan  sebagai mitra  masyarakat dalam mengembangkan sumber daya yang dimiliki  dengan berbagai kegiatan produktif berbasis potensi desa di berbagai sektor  yang bermakna terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Adapun materi yang diberikan yaitu  Akhlak dan peran dosen pembimbing KKN (Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA)., Penerapan model KK (prof.Dr.H.Natsir Hamzah,SE.,M.Si), Fungsi dan Peran Dosen Pembimbing KKN (Prof.Dr.H.Syahnur Said,MS), Metodologi Penyelenggaraan KKN (Dr. H.M. Arfah Shiddiq, MA), Monev pelaksanaan KKN (Prof.Dr.Ir.H. Abdul Makhsud,DEA), pembuatan program kerja dan pelaporan (Ir. Anas Bojeng,MS), Peluang dan Tantangan pelaksnaaan KKN (Prof.Dr. H.Salim Basalamah,SE.,M.Si).

(Humas UMI)

error: Content is protected !!