LPMD UMI Latih SPD/TPD Kewirausahaan

UMI Makassar – Lembaga Pengabdian pada masyarakat dan dakwah (LPMD) Universitas Muslim Indonesia gelar pelatihan kewirausahaan bagai sarjana pengabdi desa (SPD) dan tenaga pengabdi desa (TPD) yang ditempatkan di 35 desa binaan UMI yang berlangsung di Aula Kantor LPMD.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 11-12 Februari 2017 dibuka Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar MA.

Hadir Wakil Rektor I bidang akademik, Prof.Dr. H Syahnur Said, MS., Sekretaris LPMD UMI, Drs. H. Abd. Rauf Assagaf, M.Pd, Kapus Binaan dan kerjasama LPMD UMI, Dr. Ir Hj Netty Said, MP.

Masrurah dalam sambutannya mengatakan, longgarnya waktu yang dimiliki oleh TPD/SPD dengan tugas mengajar di desa binaan merupakan salah satu daya tarik untuk meningkatkan kreativitasnya.

“Hanya saja masih segelintir diantara kita kurang kreatif dan beranggapan bahwa di luar jam mengajar adalah waktu istirahat. Fenomena ini menunjukkan adanya watak atau karakter yang menjadikan istirahat setelah mengajar daripada menjadi sosok yang produktif, padahal perlu tambahan keterampilan diluar mengajar untuk kita miliki diantaranya berkaitan dengan kewirausahaan,” ungkapnya.

Mantan Dekan Fakultas Sastra UMI ini menambahkan, kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Menjadi wirausaha (Entrepreneur) bukan berarti harus menjadi pengusaha, pedagang, maupun pebisnis. Namun pada hakikatnya jiwa wirausaha (entrepreneurship) terkait bagaimana cara menghasilkan nilai tambah pada profesi seseorang. Seseorang dikatakan memiliki jiwa wirausaha jika ia mampu memberikan nilai tambah pada profesi yang ditekuninya, tidak terlepas dalam hal ini adalah guru.

Karena itu, pelatihan ini diharapkan outputnya melahirkan SPD/TPD yang lebih kreatif dan memiliki inovasi dan jiwa kewirausahaan sehingga dapat menambah income keluarga dan meningkatkan taraf hidup khususnya dalam bidang ekonomi. Selain itu, membuka wawasan bagi TPD/SPD lebih produktif dan mempersiapkan diri sebagai wirausahawan sekaligus menjalankan amanah sebagai TPD/SPD di desa binaan UMI sebagai profesi yang bermanfaat.

(Humas UMI)

Previous Implementasikan Kerjasama, Siswa SMKN 1 Sorong Segera Praktik Industri di FTI UMI
Next Riset Buah Buni Mahasiswa FTI UMI Didanai Pertamina Senilai Rp 227 Juta

You might also like

UMI Beli Gedung 10 Lantai

Satu lagi sarana dan prasarana baru yang dimiliki UMI, yaitu Gedung Baruga 45 atau ITTC berlantai 10 yang berlokasi antara Rumah Sakit Ibnu Sina dengan Mesjid Agung 45 di Jalan

Ramah Tamah dan Pelepasan Alumni Pascasarjana UMI

Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar gelar ramah tamah dan pelepasan alumni yang berlangsung di Hotel Sahid Jaya Makassar, Jumat malam (26/4). Direktur Program  Pascasarjana UMI, Prof. Dr. Basri Modding, MSi menyatakan

LPDKI UMI – ITQSHHB Brunei Darussalam Jajaki Kerjasama

UMI Makassar – LPDKI UMI berkunjung ke Institut Tahfizh Al-Qur’an Haji Hasanah Bolkiah Brunei Darussalam (31/1). Kunjungan ini dalam rangka menjajaki kerjasama pengembangan tahfizh dan tahfizhah UMI. Demikian disampaikan Wakil