Maret 8, 2016 386 Views

LPMD UMI Latih Supervisi KKN

UMI Makassar – Dalam membangun penyamaan persepsi dan pandangan terhadap pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus mengembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dosen UMI sebagai dosen pembimbing/supervisi KKN, Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI melaksanakan pelatihan dosen pembimbing/supervisi KKN UMI angkatan X (8/3) yang berlangsung di aula LPMD UMI menara UMI lt. 3.

Sebelum membuka acara, Rektor UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA mengatakan bahwa pelaksanaan KKN merupakan salah satu implementasi pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, konsep ini sejalan dengan dengan pola ilmiah pokok UMI yaitu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  di daerah pedesaan.

Lanjut dikatakan, KKN merupakan program intrakurikuler dengan tujuan memberikan pendidikan kepada mahasiswa, namun demikian pelaksanaannya mengambil lokasi di masyarakat dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasi di lapangan harus sekaligus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Karena itu, dosen pembimbing/ supervisi KKN memiliki peran strategis dalam memberikan pendampingan dan pembinaan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan program KKN sekaligus membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan musyawarah antar pemerintah dan masyarakat.

Masrurah juga menitip kepada dosen pembimbing KKN agar mengarahkan mahasiswa dampingannya nanti yang melaksanakan KKN dengan tiga hal selama berada di lokasi KKN, yaitu menempatkan diri sebagai hamba Allah untuk tetap tawadhu, tidak boleh merasa lebih dari masyarakat, melakukan proses pembelajaran guna memperluas wawasan dan memperkaya pengetahuan dan memposisikan diri sebagai khalifah yang bertujuan untuk memakmurkan masyarakat dengan pondasi iman, ilmu dan amal.

Sementara itu, ketua LPMD UMI Prof Dr H Salim Baslaamah, MS., yang didampingi sekretaris LPMD UMI, Drs. H.Rauf Assagaf, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tanggal 8-9 Maret 2016 diikuti 35 orang dengan rincian 4 orang utusan setiap fakultas dalam lingkup UMI dengan metode penyajian ceramah, diskusi, dan role play.

Hadir membawakan materi, Prof.Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA., (akhlak dan peran dosen pembimbing KKN), Prof.Dr. H Salim Basalamah (Membangun kemitraan melalui kegiatan KKN), Prof.Dr. H Syahnur Said, MS (Metodologi penyelenggaraan KKN), Prof.Dr. H Murdifing Haming, SE.,MS (Pendanaan pelaksanaan KKN), Dr.IR. H.Iskandar BP, MSc (Peluang dan tantangan pelaksanaan KKN UMI), Drs. H. Abdul Rauf Assagaf, M.Pd (Program pelaksanaan KKN), Dr. Ir. Hj. Netty Said, Msi (Pelaporan Pelaksnaan KKN), Ir. H. Abdul Kadir Salim, MT (penilaian pelaksnaan KKN).

(Humas UMI)

Previous UMI Dapat Penghargaan dari KPK
Next UMI Gelar Shalat Gerhana Matahari (Kusuf)

You might also like

‘Icon-ITSD’ Call For Papers 2017

Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia akan menggelar International Conference on Industrial Technology for Sustainable Development (ICon-ITSD). Konferensi ini akan diselenggarakan di Arya Duta Hotel, Makassar, pada 25-26 Oktober Mendatang.

Eratkan Silaturrahim, Civitas Akademika UMI Gelar Zikir Akbar

UMI Makassar – Zikir Awal Bulan Februari 2016 Sivitas Akademika UMI berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (1/2). Hadir Wakil Rektor III UMI, sejumlah pimpinan Fakultas, Ketua

Karyawan UMI Ikuti Pelatihan Pelayanan Prima

UMI Makassar – Lembaga Ketenagakerjaan Nasional Indonesia (LKNI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kerjasama Irwani Pane Institute Training dan Consulting menggelar Pelatihan Pelayanan Prima yang Berkarakter angkatan V bagi karyawan