Dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas proposal pengabdian kepada masyarakat bagi dosen, Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat dan Dakwah ( LPMD) UMI melaksanakan Sosialisasi Panduan Pengabdian Masyarakat Edisi XII  dan Klinik Proposal kepada dosen yang sudah dan akan mendapat hibah pada tahun 2019, hal ini disampaikan Ketua LPMD Prof. Dr. H Salim Basalamah yang didampingi Kapus Binaan LPMD UMI Dr.Ir. Netty Said, MS dan Sekretaris LPMD Drs.H. Abd. Rauf Assagaf, M.Pd.

“Sosialisasi ini yang diikuti 50 orang dosen bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pengabdian dosen sesuai dengan panduan edisi XII dan terurai secara sistematis bagaimana menyusun proposal pengabdian yang berbeda berbeda dengan aturan sebelumnya,” ujar Salim Basalamah.

Di tempat terpisah, Rektor UMI, Prof. Dr Hj Masrurah Mokhtar MA memberi apresiasi kepada LPMD dengan kegiatan ini yang memberi kemanfaatan langsung kepada dosen untuk lebih menyiapkan diri dalam pengajuan proposal pengabdiannya yang lebih baik.

“Tentu saya sangat berharap, dengan kegiatan ini akan meningkatkan produktivitas dan kwantitas proposal pengabdian masyarakat sebagai karya dan inovasi yang memiliki kemanfaatan yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Prof. Dr.rer.nat.Mochammad Yuwono, MS., Apt (Universitas Airlangga) sebagai pemateri, mengatakan bahwa perubahan panduan yang terus berganti dilakukan karena adanya perubahan aturan dari pemerintah pusat yang lebih menekankan kedisiplinan dan kecermatan dalam pelaporan.

Dalam kesempatan tersebut secara detail diuraikan perbedaan edisi sebelumnya dan edisi yang terbaru 2018 sebagai acuan dalam penyusunan proposal. “Program yang kita susun ini merupakan upaya penguatan riset dan pengabdian. Karena itu, sasaran program harus bisa meningkatkan relevansi dan produktivitas riset serta pengabdian masyarakat,” ujarnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!