LPMD UMI Turunkan Pimpinan UMI Cuti Da’i ke Desa Binaan

UMI Makassar – Pengabdian pada masyarakat merupakan hal yang harus dilaksanakan dosen UMI, sebagai implementasi  tri darma peguruan tinggi, tidak terlepas dosen yang menjabat pimpinan dalam lingkup UMI, untuk melakukan kegiatan dakwah di desa binaan UMI, hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA saat memberikan pengarahan di depan peserta cuti da’I pimpinan dalam lingkup UMI di Aula Kantor LPMD UMI, Menara UMI lt. 3 (31/1).

Masrurah menambahkan Universitas Muslim Indonesia sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta merupakan bagian intergral dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan melaksanakan tiga tugas pokok perguruan tinggi (Tri Dharma Perguruan Tinggi), meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan tidak meninggalkan ciri khas UMI sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah.

Berdakwah atau menyeru kepada kebaikan, beramar maruf nahi munkar adalah kewajiban setiap Muslim, termasuk pimpinan UMI. Menjadi da’i bukan hanya profesi ustadz/ustadzah saja, tetapi kita semua hidup di dunia ini punya misi sebagai da’i. Apapun profesi kita, ada profesi yang seharusnya selalu melekat pada diri kita, yaitu sebagai da’i.

“Hidup itu pada dasarnya sebuah perjalanan menuju titik yang sudah pasti yaitu kematian. Jangan takut mati, tetapi takutlah pada kehidupan setelah mati, karena itulah akhir perjalanan hidup kita dan awal dari hidup kita yang abadi. Sehingga selama kita masih diberi umur di dunia, harus berusaha membawa “bekal” sebanyak-banyaknya, memberi kemanfaatn kepada orang lain dan sekitar kita,” paparnya.

Sementara itu, ketua lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI, Prof Dr. H. Salim Basalamah, SE.,MSi didampingi Sekretaris LPMD UMI cuti da’I yang akan dilaksanakan bulan Pebruari 2017 akan menurunkan   12 dosen yang menjabat amanah dalam lingkup UMI, dan akan ditempatkan di 4 lokasi  binaan UMI di Kabupaten Tator, Kabupaten Gowa, Takalar dan Maros.

Salim menambahkan LPMD telah melaksanakan berbagai dharma pengabdian pada masyarakat, baik yang memiliki perspektif keilmuan maupun keimanan. Perspektif keilmuan di implementasikan antara lain dalam pemberdayaan sosial-ekonomi bagi masyarakat desa tertinggal melalui pola Desa Binaan UMI yang hingga saat ini jumlahnya tiga puluh tiga desa yang tersebar pada beberapa propinsi di KTI.

Sedangkan perspektif keimanan dalam bentuk cuti da’i yakni menugaskan setiap dosen secara bergantian dalam waktu tertentu untuk melakukan pembinaan kerohanian pada desa binaan dan masyarakat umum.

(Humas UMI)

Previous Satu Lagi, Doktor Pertanian UMI Bertambah
Next LPDKI UMI - ITQSHHB Brunei Darussalam Jajaki Kerjasama

You might also like

200 Peserta FIMA dari Luar Negeri Nyatakan Kesediaan Hadir

FK UMI Tuan Rumah UMI Makassar – Minus 4 hari Pertemuan Konferensi FIMA XXXII,dengan tuan rumah Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, tepatnya tanggal 14 Agustus 2015, yang digelar di Hotel Sandeq

Dosen UMI Ikuti Pelatihan PEKERTI

UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI Makassar menggelar  pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) angkatan VIII, diikuti 35 dosen tetap UMI, di ruang rapat LP2S

Batas Waktu Pengisian SIMPADU Dosen

Assalamu Alaikum Wr.Wb., Disampaikan kepada Bapak/ Ibu Dosen dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, bahwa terkait dengan telah diadakannya sosialisasi pengisian SIMPADU di setiap Fakultas dalam lingkup UMI, maka