Maba FTI UMI Dibekali Wawasan Kedaulatan Industri Nasional

UMI Makassar – Ketua umum Ikatan Sarjana Teknik dan Menajamen Industri Indonesia, Ir Faizal Safa menjadi pembicara tunggal pada studium generale mahasiswa baru (maba) Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia ((FTI UMI), Senin (11/9).

Kegiatan ini bertempat di auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI.

Faizal membahas kedaulatan industri Nasional, bagaimana industri Indonesia bisa bertahan dan tumbuh.

Menurutnya, hanya ada dua cara yaitu teknikal asisten (bagaimana industri bisa menghasilkan barang murah dan berkualitas) dan market (pasar).

“Teknikal asisten ini yang belum kita miliki. Mesin pembuat botol saja kita tidak punya. Dari luar asalnya. Kalau pasar aman kita,” ungkapnya.

Sementara pada sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa, Muhammad Nawir bertanya perihal faktor dan penyebab menurunnya industri di Indonesia.

“Salah satu penyebab utamanya ialah kebijakan tidak berpihak kepada kita pelaku industri. Pajak tinggi, biaya logistik terlalu tinggi dan tidak adanya kordinasi antara pemerintah dan pelaku industri. Jadi jangan heran kalau semua industri lari ke China, Vietnam,” jelas Faizal.

Lebih lanjut Ir Faizal menjelaskan bahwa di Indonesia biaya logistiknya itu luar biasa mahalnya, 24% atau 2.400 Triliun.

(Humas UMI)

Previous Rektor UMI Serahkan 100 Sembako untuk Lansia dan 100 Alat Sekolah Kerjasama Kemensos RI
Next Pangdam Hasanuddin Ajak Mahasiswa Pererat Ukhuwah Islamiah

You might also like

Tim Kerja IC-ITSD 2017 FTI UMI – Universiti Sains Malaysia Jajaki Kerjasama

UMI Makassar – Tim kerja Internasional Conference-Industrial Technologi Suistainable Development (IC-ITSD 2017) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjajaki kerja sama dengan Univesiti Sains Malaysia (USM). Melalui kerja

Nurmiah Muin Raih Doktor Ilmu Pendidikan

UMI Makassar – Nurmiah Muin, SE., M.Pd, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Model Pelatihan Pencerahan Qalbu (PPQ) untuk Mahasiswa

Ketua APTIKOM: Pentingnya Kearifan Lokal dalam Dunia Digital

UMI Makassar – Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Pusat, Prof Ir Zainal Arifin Hasibuan MLS PhD berharap mahasiswa dan lulusan Ilmu Komputer berkreasi dan berinovasi dengan memasukkan