Pengenalan Perpustakaan dan Gerakan Cinta Membaca adalah salah satu rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun akademik 2012/2013.

Kegiatan yang berlangsung  di Gedung  Perpustakaan Ustman bin Khattab Kampus II UMI ini dilaksanakan mulai Senin 10 s.d 14 September 2012 ini dan diikuti 4500 mahasiswa baru UMI.

Wakil Rektor I UMI Prof Dr H Syahnur Said, MS mengatakan  bahwa Keberadaan perpustakaan sangat diperlukan bagi sebuah lembaga pendidikan termasuk UMI.

“Perpustakaan sebagai tempat kumpulan produk yang menyimpan dan menyediakan informasi yang berada di luar kelas belajar merupakan jantung sebuah universitas,” ungkap mantan Dekan Fakultas Ekonomi UMI ini.

Di era global ini perpustakaan pun sudah mengalami perubahan konsep, dari konsep perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan berbasis teknologi informasi, sehingga akses untuk memperoleh informasi dapat dilakukan secara virtual tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Jadikanlah perpustakaan sebagai tempat belajar, karena diperpustakaanlah tempatnya buku-buku yang menyimpan berbagai catatan sebagai sumber ilmu,” tambahnya.

Kepala Perpustakaan Ustman bin Khattab UMI Hasanuddin Damis, SE, MM mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya memperkenalkan lebih awal kepada mahasiswa baru pentingnya perpustakaan dan cinta membaca, sekaligus memotivasi dan mengembangkan kebiasaan membaca, sehingga tumbuh daya kreasi dan inovasi yang berguna untuk peningkatan intelektual mahasiswa.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru UMI tentang teknik mencari dan mengolah berbagai informasi  dari berbagai media  yang tersedia di perpustakaan, sehingga memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Selama kegiatan pengenalan perpustakaan mahasiswa akan menerima materi seputar perpustakaan yang disampaikan oleh Pengurus Yayasan Wakaf UMI, Pimpinan UMI dan praktisi perpustakaan di daerah ini.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!