Seminar Nasional "Peluang & Tantangan Profesi Ketekniksipilan dalam Menyongsong Pemindahan Pusat Ibu Kota Negara" oleh Pascasarjana UMI (05 Desember 2019)

Posted by Umi Makassar on Thursday, December 5, 2019

Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana UMI menggelar Seminar Nasional dengan tema “Peluang dan Tantangan Profesi Ketekniksipilan Dalam Menyongsong Pemindahan Pusat Ibu Kota Negara” di Hotel Swiss Belinn Panakukkang Makassar, Kamis, 05 Desember 2019.

Ketua Panitia M. Fahri, ST.,IAI.,AA dalam laporannya mengurai tujuan dilaksanakan seminar nasional ini adalah merespon wacana pemerintah tentang pemindahan pusat ibu kota negara, sehingga kami dari kalangan akademisi ingin memberi masukan tentang sarana dan prasarana yang perlu pemerintah siapkan dalam pemindahan pusat ibu kota negara.

Ada beberapa aspek hingga pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota yaitu yang pertama aspek internal seperti banjir dan kemacetan parah, selanjutnya kedua aspek eksternal bahwa jakarta dan sekitarnya menjadi dominan dalam aspek pengembangan infrastruktur dan tidak berkembang ke wilayah-wilayah lain indonesia. Oleh karena itu, kami mencoba membantu pemerintah dengan jalan memberikan masukan melalui Seminar Nasional agar pemindahan pusat ibu kota negara ke Kalimantan Timur berjalan dengan baik, tambahnya.

Dalam seminar nasional ini kami mengundang narasumber dari berbagai keahlian yaitu Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng. (Direktur Jendral Bina Konstruksi Kementerian PUPR), Tri Dewi Virgiyanti, ST.,MEM. (Direktur Perkotaan, Perumahan dan Pemukiman Bappenas), Dr. Tamrin, ST.,MT. (Akademisi, Dosen Fakultas Teknik Universitas Mulawarman), Ir. H. Lambang Basri Said, MT.,Ph.D. (Pembanding, Sekretaris YW-UMI dan Dosen Fakultas Teknik UMI), dan Dr. Ir. H. Mukhtar Sarkawi, MT. (Dekan dan Dosen Fakultas Teknik UMI), tutupnya.

Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan selamat datang kepada narasumber yang akan menambah wawasan kita semua dan terkhusus membantu pemerintah dalam melancarkan proses pemindahan pusat ibu kota negara.

Semoga UMI melalui prodi teknik sipil menjadi tiang kuat untuk melancarkan program pemerintah yaitu pemindahan pusat ibu kota negara indonesia, tutupnya.

Pelaksanaan seminar nasional didukung oleh sponsor PT. Raja Pompa dan Pralon & Onduline.

Turut hadir dalam seminar nasional yaitu Direktur PPs-UMI Prof. Dr. H. Baharuddin Semmaila, SE.,M.Si., Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Ir. H. Maryam H., MT., Ketua Prodi Magister Teknik Sipil Dr. Ir. Ratna Musa, M.Sc., Ketua Prodi Magister Ilmu Ekonomi Dr. Junaiddin Zakaria, SE.,M.Si., Ketua Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Islam Dr. Andi Bunyamin, M.Pd., Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Dr. H. M. Hasibuddin, M.Ag dan Peserta seminar dari berbagai bidang ilmu.

(HUMAS)