UMI Makassar – Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS didampingi Dekan Fakultas Teknik UMI Dr. Ir. Hanafi Ashad, MT, Prodi Arsitektur Fak. Teknik UMI Dr. Ir. Naidah Naing, ST,  M.Si dan dosen pembimbing Ir. Muh. Natsir Husain, MT melepas mahasiswa Fak. Teknik UMI jurusan Arsitektur untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Kuala Lumpur, Singapore dan Batam mulai 23 – 26 Juli 2017, mereka dilepas di ruang rapat Fak. Teknik, Jumat 21 Juli 2017.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS mengatakan, pimpinan UMI sangat mengapresiasi program KKL yang dilaksanakan Fak. Teknik khususunya Teknik Arsitektur, karena dengan adanya KKL ini mahasiswa dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman, khususnya bidang arsitektur kontemporer saat ini.

Mereka berangkat ke luar negeri tidak sekedar jalan-jalan, tetapi mereka melakukan pengamatan dan penelitian tentang arsitektur, dan setelah kembali hasilnya akan seminarkan bahkan dibuat dalam bentuk buku.

Hasil yang meraka dapatkan selama KKL tidak hanya berguna untuk mereka saja yang berangkat, tetapi diharapkan pengalaman yang diperoleh dapat ditularkan dan sharing kepada mahasiswa lain, dari prodi yang berbeda di Fak. Teknik, dalam bentuk diskusi dan seminar.

“Kami berharap program ini dapat dilanjutkan bahkan ditingkatkan, kalau beberapa waktu lalu KKL hanya di Indonesia, sekarang sudah meningkat ke wilayah ASEAN, ke depan harus ditingkatkan lagi  ke negara Eropa karena arsitekturnya jauh lebih maju berkembang’.

Dekan Fak. Teknik UMI Dr. Ir. Hanafi Ashad, MT mengatakan, dalam kegiatan KKL ini mahasiswa harus jeli dan mengamati secara seksama setiap bangunan yang menjadi objek pengamatan dan penelitian, sehingga ada nilai tambah yang dapat diperoleh dan bisa menjadi konstribusi positif dalam penyusunan buku dan pengembangan arsitektur ke depan.

Ketua Prodi Arsitektur Fak. Teknik UMI Dr. Ir. Naidah Naing, ST,  M.Si dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa arsitektur, KKL ini diikuti 53 mahasiswa yang dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok, ada yang meneliti dan mengamati bagian interior, eksterior, detail arsitektur dan struktur bangunan, sehingga setiap bangunan yang diteliti dapat dilihat secara detail elemen-elemen arsitekturnya. Hasil penelitian tersebut akan diseminarkan dan dibuat dalam bentuk buku dan dipamerkan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!