UMI Makassar – Pelatihan Desain Grafis oleh Forum Mahasiswa Binaan LPDKI UMI berlangsung di kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (27/12). Kegiatan ini diikuti 70 peserta utusan dari FMB UMI, UIN Alauddin, dan UNISMUH.

Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad,MA sekaligus memberikan sambutan dan membuka pelatihan secara resmi.

Dr.M.Ishaq dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini sangat positif sebagai ajang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreatifitasnya. Dijelaskannya bahwa disain grafis ini sebagai seni dalam berkomunikasi dengan menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Dikatakan pula Henry, Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures.

Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria, ujarnya.

Ditambahkannya dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa.

“Karya –karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!