UMI Makassar – Penyegaran Khatib, Da’i, Protokol dan Muballaghah Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI berlangsung di ruang pelatihan LPDKI UMI (5/8), dibuka Ketua LPDKI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A sekaligus memberikan materi berjudul “Etika Khatib dan Teknik Khutbah Praktis”.

Kegiatan ini diikuti 20 peserta utusan dari LPDKI, UKM Ashabil Kahfi, Forum Mahasiswa Binaan UMI dan Pengurus Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI. Acara dipandu Dr.Nursetiawati, M.A.

Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dalam pemaparannya menyatakan pentingnya penyegaran khatib dan da’i ini dilakukan, agar da’i dan khatib UMI ketika menyebarkan dakwah di masyarakat sudah lebih siap dan dapat menjaga nama baik UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Kemudian disajikan syarat dan rukun khutbah. Selanjutnya dijelaskan cara praktis menyusun konsep khutbah, antara lain empat bagian; bagian pertama pendahuluan berisi pendekatan hati, menyebutkan judul dan alasan judul tersebut penting untuk vdibahas. Bagian kedua, gambaran senyatanya tentang judul, termasuk definisi dan sisi positif serta sisi negatif dari topik yang dibahas. Bagian ketiga, solusi menurut Islam dengan mengemukakan ayat al-Qur’an dan Hadis serta pandangan ulama.Kemudian bagian akhir/penutup dengan kesimpulan, ucapan terima kasih dan permohonan maaf.

Dr.M.Yusri, M.A membahas adab imam shalat rawatib dengan mengajak peserta untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an, terutama ketika membaca Q.S Al-Fatihah dalam Shalat.

“Disarankan dengan suara yang merdu dengan lagu yang menarik disertai rasa keikhlasan,” urainya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!