Sekitar 50-an mahasiswa desa binaan UMI mengikuti Pelatihan Kewirausahaan yang  berlangsung di ruang Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) Kampus 2 UMI (4/5).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama LPDKI dengan Forum Mahasiswa Binaan UMI yang didukung oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI.

Ketua Bidang Pembinaan Mahasiswa Binaan LPMD UMI Ir. Maher, M.Si dalam sambutannya menyambut positif kegiatan ini dan berharap agar mahasiswa binaan UMI mampu memiliki jiwa kewirausahaan atau jiwa entrepreneurship. Selain itu, diharapkan mahasiswa bisa lebih mandiri dalam rangka persiapan masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Forum Mahasiswa Binaan UMI, Riswan berharap kegiatan kewirausahaan dengan mengambil tema “Mewujudkan Mahasiswa Mandiri yang Berjiwa Wirausaha”. Dengan demikian diharapkan mahasiswa yang berasal dari desa binaan UMI memiliki bekal dasar-dasar berwirausaha agar kelak setelah kembali ke desa masing-masing mereka dapat mengembangkan usaha yang mandiri di desa masing-masing.

Penasehat Forum Mahasiswa Binaan UMI Dr.M.Ishaq Shamad,MA menyatakan kegiatan ini bertujuan selain memberi bekal dasar-dasar kewirausahaan bagi mahasiswa binaan UMI, diharapkan pula agar mahasiswa memanfaatkan waktu luang untuk banyak memperoleh ilmu dan keterampilan selama kuliah, sehingga kelak, setelah sarjana mereka bisa membuka usaha mandiri dan mampu mempekerjakan banyak orang.

“Mahasiswa jangan hanya bercita-cita jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi bagaimana agar bisa menggeluti wirausaha dan mempekerjakan banyak orang,” katanya.

Pemateri, Harianto Albar yang merupakan pengusaha muda memberikan tips-tips agar mahasiswa bisa mandiri dan berwirausaha, antara lain; Mahasiswa biasanya mengkonsumsi makanan dengan cara membeli, maksudnya mereka tidak masak di kostnya. Oleh karena itu, bisnis makanan merupakan bisnis yang cocok dijalankan di lingkungan kampus. Bisnis ini dapat dimulai dengan usaha makanan yang mudah diterima oleh lidah mahasiswa dengan harga terjangkau. Selain itu, Peluang Bisnis Rental Mobil mungkin dapat menjadi pilihan usaha mandiri, karena usaha rental mobil ini mudah dilakukan. Mungkin yang harus menjadi perhatian adalah sistem prosedur rental dan sistem keamanan sehingga tidak terjadi pencurian dan penipuan dalam bisnis rental yang dijalankan. Bahkan Peluang Cuci Steam Motor khususnya mahasiswa, dapat dijadikan peluang usaha mandiri yang bagus. Siapkan lahan untuk tempat pencucian, beli alat pompanya maka usaha cuci steam motorpun sudah dapat berjalan. Tinggal menggaji orang yang bersedia untuk mencuci motor di tempat usaha tersebut. Peluang lainnya seperti bisnis Laundry Kiloan,

Kebiasaan anak kost mempunyai rasa malas untuk mencuci, entah karena memang tidak punya waktu luang atau hanya malas saja. Yang pasti ini merupakan peluang usaha yang potensial, yaitu dengan membuka bisnis laundry kiloan. Proses pengerjaan laundry pun tidak sulit, tinggal siapkan tempat, alat pencuci, pengering dan pekerja untuk menjalankan bisnis laundry pertama dan banyak lagi tips lainnya.

(Humas UMI)