UMI Makassar – Rektor UMI membuka pelatihan da’i/da’iah mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi UMI (20/4) di ruang Training Centre Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI.

Selain Rektor UMI juga hadir Dekan Fakultas Ekonomi Prof.Dr.H.Bahar Sinring, SE,M.Si, Wakil Dekan 3 Masno Razak, SE, MM, dan Wakil Dekan IV FE UMI Dr.H.Syamsul Bahri, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah fasilitator dan 53 mahasiswa (i)FE UMI.

Rektor UMI Prof.Dr.Masrurah Mokhtar, M.A menyatakan komitmen berdakwah dengan visi dan misi UMI dalam membentuk manusia yang berilmu amaliah dan berakhlakul karimah. Selain itu, kampus Islami diartikan seluruh aktifitas yang dilakukan berdasarkan pada nilai-nilai iman, ibadah, ilmu, keterampilan, moral dan akhlaqul karimah.

“Semua aspek kehidupan yang ditampilkan sivitas akademika UMI diorientasikan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT,” urainya.

Dikatakan pula pada tahun 1986 semua sivitas akademika UMI diwajibkan memakai jilbab, sehingga alhamdulillah setelah 30 tahun, pakaian Islami telah berjalan dengan baik. Di bagian lain materinya Ketua BKS PTIS menyatakan jika melihat sesuatu yang menakjubkan ucapkan subhaanallah, jika ada musibah atau malapateka ucapkan innalillah. Namun ada ungkapan yang sering diucapkan, baik senang maupun kena musibah, yakni kata “Muhammaa”, kadang diucapkan secara refleks, khususnya bagi orang Bugis.

Dekan Fakultas Ekonomi UMI Prof.Dr.Bahar Sinring, SE, M.Si menyatakan kegiatan ini sangat penting dan sangat diapresiasi karena untuk untuk bekal dunia dan akhirat, jelasnya. Dikatakan pula bahwa mencari kebaikan penuh pengorbanan, suatu waktu pernah melihat mahasiswa di perpustakaan, begitu susah ia mengerjakan tugasnya. Tapi melakukan keburukan saat ini sangat mudah. Oleh karena itu, mahasiswa yang ikut pelatihan ini sangat baik untuk kebaikan masa depannya. Selanjutnya, dikemukakan satu ayat Al-Qur’an, yakni wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya’buduun, artinya manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Makna ayat ini termasuk saling menghormati kepada sesama manusia. Untuk itu tidak boleh sombong.

Pesan orang tua, yakni jika anda berbuat baik maka akan kembali ke dirimu, jika anda berbuat jahat juga akan kembali ke dirimu, pesannya. Disebutkan satu ayat lagi yang artinya: Demi masa, semua manusia merugi kecuali saling mengingatkan kepada kebaikan dan kesabaran…. Untuk diingatkan agar jika ada teman mahasiswa yang mau demo, maka segera ditegur dan diingatkan dengan cara bijaksana. Selain itu, jika anda pakai jilbab dengan baik, maka itu juga adalah dakwah, termasuk berprilaku baik, sopan, santun, semuanya adalah dakwah. Untuk itu, marilah menjaga citra UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah sebagai bagian integral dari pengabdian di UMI.

Pemateri lainnya yakni Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A membahas Metode Dakwah Menurut Al-Qur’an. Sedangkan Wakil Dekan IV FE UMI Dr.H.Syamsul Bahri, M.A menjelaskan etika da’i dan Ketua LPDKI UMI membahas Cara Praktis Berdakwah. Pelatiham dai diakhiri dengan simulasi dan praktek dakwah dengan menampilkan seluruh peserta untuk praktikum ceramah dengan tema yang beragam.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!