UMI Makassar – Awal Februari 2015, kembali mahasiswa UMI mencatat prestasi tingkat Internasional yaitu tiga orang mahasiswa Fakultas Farmasi UMI angkatan 2012, Restuan Lubis, Aprilia Fatma Ely, dan Muhammad Subhan, akan mengikuti ajang Inventor’s Day Thailand, yang  berlangsung dari tanggal 2-5 Februari 2015 di Hall 9, Impact Forum Conference Center, Muangthong Thani, Thailand.  Hal ini disampaikan Wakil Dekan III Fakultas Farmasi, Herwin, SKM., Farm saat mengantar ketiga mahasiswa tersebut untuk berpamitan dengan Rektor UMI, di Menara UMI, lt. 9 (30/1).

Sementara itu, menurut Aprilia, yang untuk kedua kalinya mengikuti ajang tersebut yang sebelumnya di Taiwan dan berhasil memperoleh medali emas atas nama Indonesia mengatakan bahwa kegiatan Inventor’s Day Thailand ini diselenggarakan oleh NRCT (National Research Council of Thailand) yang merupakan lembaga riset di Thailand.

“Awal kami mengikuti kegiatan ini dengan mengisi formulir dengan penjelasan singkat mengenai inovasi kami. Kemudian panitia kelolosan akan menyaring tim riset dengan inovasi terbaik dari Indonesia untuk diloloskan ke panitia Internasional yang dimana penyisihan dilaksanakan selama 1 bulan dari bulan Desember hingga Januari dengan 2500 proposal yang masuk. Alhamdulillah, UMI kembali  diumumkan sebagai salah satu peserta yang lolos pengumuman kelolosan pada awal Januari 2015, dengan Surya Buana Malang (SD, SMP, SMA), Tim SMA Stella Maris BSD, SMA Titian Teras Jambi, dan 1 Tim (atas nama pribadi),” jelasnya.

Lanjut dikatakan, selain mengikuti penyisihan, UMI  juga mendapatkan undangan resmi dari pihak NRCT sebagai tindak lanjut dari kegiatan Kaohsiung International Invention Exhibition di Taiwan Desember kemarin.

“Kami mendapatkan Special Award dari pemerintah Thailand. Disana kami membawa produk hasil penelitian kami yakni Abracadabra Slim Candy. Kami akan membuka booth kami, dan kami akan mempresentasikan produk kami kepada juri pada khususnya, dan seluruh innovator pada umumnya. Kami pergi bersama panitia INNOPA dari Indonesia dengan peserta yang lain dari Jakarta,” ujar mahasiswa semester 6 Fakultas Farmasi ini.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!