UMI Makassar – Akhir tahun 2014, UMI kembali mencatat prestasi di tingkat internasional. Dua mahasiswa Farmasi UMI meraih penghargaan dalam event lomba penelitian inovasi tingkat internasional  di Taiwan tanggal 19 s-d 21 Desember 2014.

Kedua mahasiswa yang tercatat semester 5 di Fakultas Farmasi tersebut, yaitu; Restuan Lubis (angk. 2012)  dan Aprilia Fatma Ely (2012) berhasil meraih empat penghargaan medali emas sebagai Juara I kategori Health care-product kompetisi Kaohsiung Internasional invention exhibition 2014 (KIIE) Kaoshsiung Taiwan.

Selain itu, lolos dalam journal internasional (ICYI 2014 ) International Cenference, for world young inventors dengan urut I dengan kode ICYI2014-001- ABRACADABRA SLIM, mendapat Special award dari HKIA (Hongkong Invention Association) sebagai International Best Invention Award dan mendapatkan Thailand Award for best Internasional Invention dari NRST (The National Research Council Thailand, 2014).

“Alhamdulillah, maha besar rezki yang telah kau berikan kepada kami ya Allah, itulah ungkapan serentak yang disampaikan Restuan dan Aprilia saat diumumkan sebagai juara I dalam event kompetisi Kaohsiung Internasional Invention Exhibition 2014 (KIIE) Kaoshsiung Taiwan. Bagi kami, kehadiran kami di Taiwan sudah merupakan anugrah, karena lolos di tingkat nasional bagi kami sebuah kebanggaan membawa nama harum UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah di kancah nasional, terlebih saat diumumkan bahwa dari delapan tim yang ikut seleksi tingkat nasional yang dilaksanakan Kementrian Pendidikan dan Riset, Alhamdulilah dua yang lolos, dan salah satunya kami dari Universitas Muslim Indonesia untuk mewakili Indonesia mengikuti kompetisi tersebut di Taiwan. Alhamdulillah, kami dapat meraih juara I dan mendapat medali emas. Selain itu, 4 penghargaan lainnya kami diberikan. Inilah kado kami buat Indonesia, terkhusus UMI sebagai tempat dimana kami menimba ilmu, dibimbing dan mendapat ilmu di kampus tercinta ini,” ungkap Restuan yang didampingi Aprilia sekali-kali tersenyum.

Aprilia menambahkan hasil penelitian yang mengantarkan mereka meraih juara I juga mendapat tawaran dari salah satu perusahaan Amerika yang menawarkan untuk kerjasama UMI penggunaan hasil penelitian permen untuk obesitas yang dapat menurunkan berat badan.

Sementara itu, Erwin, Wakil Dekan III Fak.farmasi UMI menambahkan bahwa insya Allah hasil penelitian meraka akan diajukan untuk mendapatkan HAKI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!