Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar acara penyerahan hadiah Lomba Desa dan Kelurahan, Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Bundes Berprestasi, dan Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019, pada Rabu (11/12/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan tersebut mengusung tema “Kita Wujudkan Desa dan Kelurahan yang Maju dan Sejahtera Menuju Sulawesi Selatan yang Unggul dan Melayani”.

Sebelumnya, lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) diselenggarakan pada tanggal 5 juni hinga 18 Juli 2019 dan diikuti 74 TIM yang berasal dari unsur masyarakat umum, perguruan tinggi, serta badan usaha baik perseorangan maupun kelompok.

Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil meraih Juara Harapan 3. Mereka adalah Tim yang diketuai Nur Hikmah Amir dan beranggotakan Irwan Ardiansyah dan Windy Diaztari dan dibimbing oleh dosen Lilis Nur Hayati,.S.Kom,.M.Eng.

Penyerahan hadiah lomba langsung diberikan oleh Bapak Gubernur Prof. Nurdin Abdullah di Hotel Four Point dan disambut meriah oleh para peserta.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Si PICA (Mesin Pengupas Merica), menyampaikan, “Acara ini diharapkan mampu memberikan inovasi yang baru sebagai solusi untuk masyarakat dan sebagai motivasi untuk kedepannya,”.

“Di mana Si PICA ini diharapkan hadir sebagai solusi para petani yang mengalami permasalahan pada proses pengelolaan merica, seperti hasil pengelolaan yang tidak memuaskan, banyaknya biji merica yang hilang saat proses memasak, serta mempermudah penghancuran dan pengeringan, sehingga dengan adanya alat ini bisa meningkatkan kualitas dan mutu merica, khususnya jika iklim cuaca sedang buruk,” lanjutnya.

(HUMAS)