Mahasiswa FIK UMI atas nama Irwan Ardyansah berhasil terpilih sekaligus menjadi salah satu perwakilan Sulawesi Selatan sebagai Science Ambassador Puspiptek Ristekdikti yang diumumkan pada saat tanggal 24 September.

Science Ambassador ini merupakan duta Science Puspiptek nanti pada saat kegiatan Puspiptek Innovation Festival 2018 yang diselenggarakan di kawasan Puspiptek, Tangeran Selatan, Provinsi Banten, yang akan berlangsung selama 4 hari pada tanggal 27 – 30 September.

Puspiptek Innovation Festival (PIF) adalah festival yang ditujukan untuk menampilkan dan membagikan informasi tentang Puspiptek, karya-karya, dan prestasi yang dihasilkan. Tujuannya untuk mengajak masyarakat lebih mengenal dan mencari tahu lebih jauh tentang Puspiptek dan kiprahnya pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Sehingga peran Science Ambassador disinilah sebagai salah satu yang akan menunjang berlangsungnya kegiatan PIF 2018 ini.

Selama pemilihan Science Ambassador, ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu mulai dari seleksi berkas hingga tahap wawancara. Dari 300-an lebih pendaftar dari seluruh Indonesia, tersaring 40 orang yang berhak menjadi Science Ambassador Puspiptek Ristekdikti dan salah satunya Irwan Ardyansah. Kegiatan Puspiptek Tahun 2018 ini merupakan kegiatan bertaraf internasional yang dihadiri oleh beberapa para Invention dari beberapa negara seperti Indonesia, India, Kamboja, Malaysia, Filiphina, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Samoa, dan Vietnam.

Kegiatan PIF 2018 ini bekerja sama dengan India UN ESCAP, ASEAN, Pemerintah INDIA, dan Sinar Mas. Adapun kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari itu, yakni Workshop, Seminar, Science Tour, Talk Show, Innovation Talk, Pameran Inovasi, Treasure Hunt, ASEAN-INDIA – Grassroots Innovation Competition, dan kegiatan-kegiatan science menarik lainnya.

(Humas UMI)