Tiga tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia mengikuti ajang Lomba Hackathon yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Makassar dilaksanakan tanggal 21 hingga 22 April 2018 di Hotel Tree Makassar. Hal ini disampaikan Dekan Fak. Ilmu Komputer UMI Dr. Ir. A. Dirgahayu A. Lantara MT IPU Asean.Eng., melalui telpon  seluler  kepada media ( 22/4).

Dirga menambahkan lomba hackathon ini merupakan tahap kedua setelah sebelumnya pada hari Kamis, 19 April 2018 dilaksanakan kegiatan tahap pertama berupa workshop yang diikuti 150 peserta.

Tahap kedua dalam mengikuti lomba yang berlangsung selama 24 jam nonstop coding.

Alumni Fakultas Teknik UMI ini menambahkan bahwa keikutsertaan mahasiswa Fikom UMI ini tentunya bukan hanya harus mempersiapkan fisik, namun juga pikiran. Tim terdiri atas Fatur, Rizaldi dan Kamil.

Tim mahasiswa Fikom UMI lolos 10 besar dari 120 peserta Star Up yang diangkat tentang tourism dengan aplikasi yang diciptakan, setidaknya mampu memperkenalkan atau mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Makassar agar bisa dikenal baik di Indonesia maupun dunia internasional.

Pemenang lomba hackathon ini sendiri akan dinilai berdasarkan indikator yang telah ditentukan, ada empat kriteria penilaian yakni; Aplikasi bisa diimplementasikan langsung, tidak ketergantungan konten dari pihak luar. Aplikasi bisa mendukung kemajuan bidang yang menjadi tema pilihan, Menjadi solusi dari masalah yang sedang atau akan terjadi pada bidang tema pilihan Mudah digunakan dengan desain menarik.

Sementara itu, Pembina Tim yang juga Dosen Fakultas Ilmu Komputer UMI, Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng.,  mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa lain agar terus ber inovasi dan berkarya dengan adanya dukungan berbagi pihak dan  bangga akan prestasi yang dicapai.

(Humas UMI)