UKM ESENGINEERING RESEARCH COMMUNITY (ERCOM), Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah nasional yaitu nasional ERCOM competition (NEON 2019) yang dilaksanakan di Universitas Bengkulu pada tanggal 13-15 September 2019 dengan tema optimalisasi inovasi dan peran generasi milenial dalam menghadapi revolusi 4.0 menuju Indonesia emas 2045.

Peserta NEON 2019 terdiri dari 15 finalis yang berasal dari 11 Universitas swasta maupun negeri yang ada di Indonesia yaitu Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Langlangbuana, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tanjung Pura, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas NU Surabaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Indonesia. Salah satu finalis merupakan perwakilan dari Universitas Muslim Indonesia yaitu Furqaan Ismail dari Fakultas Ilmu Komputer dan Asma Fahmi Anda dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang dibimbing oleh dosen Fikom Lilis Nur Hayati S.Kom, M.Eng yang mengangkat judul Penerapan Aplikasi Sentra Tani (ASEta’) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan swasembada pangan di kabupaten sidenreng rappang dengan sub. tema pertanian dan pangan.

KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) yang lolos pendanaan 470 tim dan salah satunya dari Universitas Muslim Indonesia dari seleksi Nasional yang di lakukan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan RISTEKDIKTI, Jumat, 8 Nopember 2019 telah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) KBMI 2019 yang dimana diikuti oleh beberapa tim yang dinyatakan lolos pendanaan wilayah timur, mulai dari Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah. Salah satu tim yang presentasi adalah Tim Aseta, tim dari Universitas Muslim Indonesia yang diketuai oleh Furqaan Ismail Fakultas Ilmu Komputer dan Muh. Dhiya Ulhaq Fakultas Ilmu Komputer, Mohammad Aiman Fakultas Pertanian, Anisa Fitryanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai anggota dan dibimbing langsung oleh Ibu Lilis Nur Hayati, S. Kom, M. Eng. Di MONEV tersebut, mereka mempresentasikan ide bisnis mereka yang disebut Aseta’ (Aplikasi Sentra Tani). Yang membantu para petani dalam meningkat swasembada pangan di indonesia.

(HUMAS)